AUTOMATISASI PEMBERIAN DAN PENJADWALAN PAKAN IKAN

DERY HIDAYAT

Informasi Dasar

21.06.452
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor yang penting pada saat ini, perangkat yang dapat bekerja secara otomatis sangat dibutuhkan oleh peternak ikan. Saat ini penjadwalan dan pemberian pakan ikan masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu dibuat perangkat untuk melakukan penjadwalan dan pemberian pakan ikan secara otomatis.

Perangkat ini bertujuan untuk mengotomatisasi pekerjaan peternak ikan yang manual menjadi otomatis, manfaat yang diperoleh dari perangkat ini agar proses pemberian pakan menjadi lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. Penggunaan Arduino Uno sebagai pengontrol utama, dan diprogram menggunakan Arduino IDE. RTC DS3231 diperlukan agar dapat mengkonfigurasi waktu Real Time Clock dan penjadwalan pakan ikan. Motor servo untuk membuka dan menutup katup pakan ikan. Sensor line proximity berfungsi sebagai pendeteksi ada tidaknya pakan ikan dalam wadah pakan ikan. LED(Light Emitting Diode) sebagai tanda pakan ikan telah habis.

Berdasarkan hasil pengujian, sistem ini dapat mengatur penjadwalan pakan ikan menggunakan RTC DS3231 , Motor servo dapat membuka dan menutup pakan ikan secara otomatis dan memberi pakan ikan sesuai jadwal yang ditentukan dan sensor line proximity dapat mendeteksi pakan ikan habis atau tidaknya didalam wadah pakan ikan.

Subjek

AUTOMATION
 

Katalog

AUTOMATISASI PEMBERIAN DAN PENJADWALAN PAKAN IKAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DERY HIDAYAT
Perorangan
Gita Indah Hapsari, Muhammad Ikhsan Sani
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini