Aplikasi Berbasis Web untuk Penentuan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode ABC (Studi Kasus: Perusahaan Batik Tulis Pusaka Beruang Rembang)

DEWI KARTIKA ASIH

Informasi Dasar

21.06.446
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perusahaan batik tulis Pusaka Beruang merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi batik tulis. Perhitungan harga pokok produksi sangatlah penting bagi perusahaan dibidang ini. Dalam proses perhitungan harga pokok produksi, perusahaan masih melakukan perhitungan menggunakan metode taksiran sehingga mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam perhitungan harga pokok produksi dan dapat mengurangi laba perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibangun sebuah aplikasi yang dapat membuat pencatatan dan perhitungan harga pokok produksi yang lebih akurat. Perhitungan harga pokok produksi pada aplikasi ini menggunakan perhitungan metode ABC Costing. Activity Based Costing merupakan metode perhitungan harga pokok produksi berdasarkan kegiatan atau aktivitas. Aplikasi ini mampu menangani perhitungan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead, harga pokok produksi serta mampu menghasilkan laporan keuangan seperti jurnal umum, buku besar, dan laporan harga pokok produksi. Proses perancangan digambarkan dalam usecase diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram, dan Entity Relationship Diagram. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL sebagai sistem database. Metode yang digunakan dalam pengerjaan proyek akhir ini adalah metode Software Development Cycle (SDLC) dengan menggunkaan metode prototype sebagai model pengembangan dalam membangun aplikasi ini. Pengujian untuk semua fungsionalitas menggunakan metode pengujian manual, pengujian aplikasi, dan Black Box Testing. Kata Kunci: Aplikasi, Harga Pokok Produksi, Metode ABC Costing

Subjek

ACCOUNTING-MANUFACTURING INDUSTRIES
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Penentuan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode ABC (Studi Kasus: Perusahaan Batik Tulis Pusaka Beruang Rembang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI KARTIKA ASIH
Perorangan
Nelsi Wisna, Irman Hariman
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini