Aplikasi Berbasis Web Untuk Perhitungan Biaya Produksi dengan Menggunakan Metode Process Costing (Studi Kasus di UMKM Intan Bestary, Garut)

AQIL GILAZH SYADID

Informasi Dasar

21.06.445
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

UMKM Intan Bestary merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada penjualan dodol di Kota Garut. Transaksi yang terjadi di UMKM Intan Bestary adalah pembelian, penjualan, perhitungan upah, dan perhitungan biaya produksi. Produksi yang dilakukan UMKM Intan Bestary ini memiliki aktivitas diantaranya, mencatat pemakaian bahan baku, melakukan proses masak, mengolah dodol, melakukan pembungkusan dodol, mengemas dodol kedalam kemasan, dan menyimpan produk kemasan dodol ke gudang, sebagai stok untuk penjualan. Dalam proses perhitungan biaya-biaya saat produksi dilakukan, pemilik UMKM Intan Bestary masih menghitung berdasarkan perkiraan biaya dari bahan baku utama dan biaya gaji pegawai tanpa mempertimbangkan biaya yang sesungguhnya. Biaya sesungguhnya adalah biaya yang mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya Overhead pabrik. Tetapi pada kenyataannya, pehitungan biaya produksi yang terjadi di UMKM Intan Bestary tidak mempertimbangkan biaya yang sudah dikeluarkan, sehingga membuat biaya produksinya tidak sesuai dengan perhitungan yang terhitung. Biaya produksi yang tidak sesuai akan menyebabkan harga pokok terlalu tinggi. Untuk itu, biaya produksi harus dicatat dengan baik dan dihitung dengan benar, sehingga dapat menghasilkan harga pokok produk yang tepat dan dapat menentukan harga jual yang kompetitif. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas yaitu mampu mencatat data produksi, menghitung biaya produksi, menghasilkan laporan biaya produksi serta catatan akuntansi berupa jurnal, buku besar, dan laporan harga pokok produksi. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model prototype, bahasa pemrograman PHP, perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML), perancangan database menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), serta Framework Codeigniter. Proyek akhir ini berhasil menampilkan perhitungan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, data Bill Of Material (BOM) untuk acuan pemakaian bahan, perhitungan biaya produksi beserta dengan transaksi perhitungannya, dan menampilkan catatan akuntansi.

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Perhitungan Biaya Produksi dengan Menggunakan Metode Process Costing (Studi Kasus di UMKM Intan Bestary, Garut)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AQIL GILAZH SYADID
Perorangan
Rochmawati, Tora Fahrudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini