Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Penjualan Menggunakan Metode Perpetual dan Peramalan Penjualan Menggunakan Metode Least Squere (Studi Kasus : Distro The Star One DOI, Cikarang)

VERA NURRAMADHANI HARIANTO

Informasi Dasar

21.06.444
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Distro The Star One DOI adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang penjualan pakaian dan produksi pakaian. Kehadiran toko pakaian dan aksesoris dengan nama distro telah memunculkan fenomena baru di Indonesia. Kepopuleran bidang usaha ini membuat Distro The Star One DOI harus mampu bersaing, baik dalam segi kualitas barang maupun pelayanan yang dimiliki. Setiap transaksi yang terjadi pada penjualan barang masih dicatat secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel dan tidak dicatat secara rutin. Pencatatan yang dilakukan secara manual sering kali menyebabkan kesalahan dalam pencatatan transaksi sehingga dapat mempengaruhi pembuatan laporan keuangan. Penelitian ini memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di Distro The Star One DOI dengan cara membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu distro ini dalam menjalankan bisnisnya. Fungsionalitas yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah penjualan tunai, penjualan kredit, pembayaran piutang, peramalan penjualan barang, diskon penjualan, jurnal umum, buku besar dan laporan laba rugi. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan tipe waterfall, dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP), dan menggunakan basis data MySQL. Metode yang digunakan untuk menguji aplikasi ini yaitu Black Box Testing. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, aplikasi sudah dapat diimplementasikan.

Kata kunci: Penjualan, Peramalan Penjualan, Black Box Testing, Waterfall.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Penjualan Menggunakan Metode Perpetual dan Peramalan Penjualan Menggunakan Metode Least Squere (Studi Kasus : Distro The Star One DOI, Cikarang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VERA NURRAMADHANI HARIANTO
Perorangan
Raswyshnoe Boing Kotjoprayudi, Tora Fahrudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini