CHECKBUND: APLIKASI MONITORING KESEHATAN IBU HAMIL BERBASIS ANDROID

TAMU UMBU HUNGA WOHANGARA

Informasi Dasar

21.06.391
303.483
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak - Perancangan aplikasi berbasis mobile android ini dibuat untuk melakukan pencatatan dan penyimpanan data hasil pemeriksaan Kesehatan ibu hamil dan hasil pemeriksaan Nifas, pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi tentang bagaimana cara melakukan pencatatan data kondisi ibu hamil agar lebih mudah, cepat dan dapat menyimpan data kondisi ibu hamil setiap melakukan kontrol kesehatan. Metode penyelesaian masalah yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode waterfall, yang dimulai dari tahap literatur, pengumpulan data, perancangan sistem, implementasi dan pengujian, evaluasi dan perbaikan hingga pada tahap pembuatan dokumen. Maka dari itu, diusulkan sebuah aplikasi mobile yang dapat membantu pencatatan proses pemeriksaan kandungan, sehingga dapat mengelola data pasien lebih cepat, up to date dan mengurangi terjadinya kesalahan dalam penginputan dan membaca data ibu hamil.

Adapun rancangan sistem dari aplikasi yaitu dengan menerapkan pola arsitektur Android MVVM (Model, View, ViewModel) dan menggunakan database Firebase sebagai media penyimpanan data yang kemudian diimplementasikan dan dilakukan pengujian dengan metode pengujian fungsionalitas dan pengujian kesesuaian kebutuhan pengguna.

Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian aplikasi, dapat diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi telah sesuai dengan perancangan dan hasil pengujian yang menunjukan pengguna sangat setuju pada penerapan aplikasi.

Kata kunci: monitoring, mobile android, ibu hamil, kesehatan ibu hamil, nifas

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DEVELOPMENT
 

Katalog

CHECKBUND: APLIKASI MONITORING KESEHATAN IBU HAMIL BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAMU UMBU HUNGA WOHANGARA
Perorangan
Mia Rosmiati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini