IMPLEMENTASI DAN ANALISIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL INVENTORY BERBASIS ODOO MENGGUNAKAN METODE ASAP (STUDI KASUS: APOTEK MERANGIN MEDICAL CENTRE)

WINDRI ALICIA SITOMPUL

Informasi Dasar

21.04.3841
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Merangin Medical Centre merupakan rumah sakit swasta di Jambi yang memiliki apotek sendiri untuk pembelian obat-obatan oleh pasien. Salah satu proses bisnis pada apotek tersebut adalah Inventory yang meliputi penerimaan dan pengadaan obat. Apotek Merangin Medical Centre masih menggunakan sistem yang bersifat manual akibatnya pihak apotek mengalami kendala dalam proses penerimaan dan pengadaan obat sehingga banyak data yang digunakan, tidak tercatat, dan banyak data yang tidak sinkron dengan temuan lapangan. Dari permasalahan yang ada dibutuhkan sebuah teknologi atau sistem yang dapat mengotomatisasi proses bisnis inventory apotek Merangin Medical Centre. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang bersifat open source merupakan solusi dari permasalahan yang terjadi di apotek Merangin Medical Centre. Mengingat bahwa apotek Merangin Medical Centre masih dalam proses berkembang, maka diperlukan sistem ERP dengan biaya yang terjangkau dan mudah diterapkan, oleh sebab itu, dipilih Odoo sebagai software open source yang dapat membantu permasalahan apotek Merangin Medical Centre. Pembangunan sistem Odoo menggunakan metode Accelerated SAP (ASAP). Alasan menggunakan metode ASAP didasarkan oleh tingkat efisiensi waktu serta minimnya biaya yang dikeluarkan dibandingkan pada metode lainnya serta mampu mendeskripsikan seluruh aktivitas dalam implementasi, konversi data dan otorisasi pengguna lebih awal dibandingkan kebanyakan metode implementasi tradisional. Tujuan akhir dari pengembangan sistem ERP modul inventory pada apotek Merangin Medical Centre adalah untuk melakukan transaksi secara real-time, dan mengintegrasi seluruh data secara efektif dan efisien sehingga proses bisnis pada apotek Merangin Medical Centre dapat berjalan dengan lebih baik.

Kata kunci—sistem informasi, Implementasi SAP, Accelerated SAP (ASAP), Inventory.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL INVENTORY BERBASIS ODOO MENGGUNAKAN METODE ASAP (STUDI KASUS: APOTEK MERANGIN MEDICAL CENTRE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDRI ALICIA SITOMPUL
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO,,LUTFIA SEPTININGRUM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini