ALOKASI SPEKTRUM ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLE ACCESS (OFDMA) PADA SISTEM RADIO KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY

FAISAL DENIRAWAN PUTRA

Informasi Dasar

21.04.3784
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Teknologi telekomunikasi nirkabel berkembang pesat bersamaan dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat menjadikan spektrum frekuensi radio semakin langka. Oleh sebab itu pemanfaatan sumber daya radio sangat dibutuhkan. Teknologi Cognitive Radio Network (CRN) merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan kelangkaan spektrum radio. CRN bersifat kognitif yang berarti dapat mengetahui kondisi dan informasi kemudian menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) menjadi salah satu teknik yang digunakan pada Teknologi CRN. Metode penelitian ini menggunakan algoritma Greedy yang cenderung mengisi spektrum kosong dalam pengalokasian sumber daya radio. Primary User (PU) dan Secondary User (SU) berada pada satu wilayah geografis yang sama akan diuji dalam simulasi. SU akan menempati spektrum kosong pada kanal PU saat tidak digunakan.

Tugas Akhir ini melakukan analisis mengenai performasi sistem yang membandingkan dua algoritma dengan output berupa grafik dari parameter – parameter yang diamati. Hasil dari simulasi yang didapatkan algoritma Greedy lebih unggul dibandingkan dengan algorima Water Filling.

Kata Kunci: Cognitive Radio (CR), Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA), Primary User (PU), Secondary User (SU), Algoritma Greedy, Algoritma Water Filling.

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

ALOKASI SPEKTRUM ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLE ACCESS (OFDMA) PADA SISTEM RADIO KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISAL DENIRAWAN PUTRA
Perorangan
LINDA MEYLANI, ARFIANTO FAHMI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini