ANALISIS TEKNIK STEGANOGRAFI CITRA GAMBAR MENGGUNAKAN COMPRESSIVE SENSING ALGORITMA ORTHOGONAL MATCHING PURSUIT DAN DISCRETE COSINE TRANSFORM-2D MENGGUNAKAN METODE PENYISIPAN SINGULAR VALUE DECOMPOSITION

MUHAMMAD RIFQI AZUFAR

Informasi Dasar

21.04.3734
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi, ancaman terhadap keamanan informasi yang dibutuhkan semakin besar, terutama untuk informasi yang dirahasiakan. Berbagai ancaman dalam dunia maya seperti hacker, cracker, carder sehingga membuat orang khawatir akan keamanan informasi yang dikirimnya dikarenakan hal tersebut dapat mengancam informasi yang bersifat rahasia. Dengan adanya permasalahan tersebut maka informasi yang akan dikirim dapat dijaga melalui teknik penyembunyian data. Teknik penyembunyian data tersebut juga biasa disebut dengan teknik steganografi. Steganografi adalah suatu teknik untuk menyembunyikan informasi yang bersifat pribadi dengan sesuatu yang hasilnya akan tampak seperti informasi normal lainnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis citra yang telah melalui proses Compressive Sensing dengan Discrete Cosine Transform-2D dan algoritma Orthogonal Matching Pursuit yang mana pada proses ekstraksi dilakukan menggunakan metode penyisipan Singular Value Decomposition.

Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi steganography pada Matlab yang memiliki nilai BER (robustness) stabil mendekati 0 tanpa serangan dan nilai PSNR diatas 45 dB (49.647-tak hingga). Dengan optimasi Compressive Sensing menggunakan algoritma Orthogonal Matching Pursuit pada citra host, nilai PSNR menjadi lebih baik dari pada tanpa optimasi (50.9814-tak hingga) namun ketahanan terhadap serangan dan nilai BER cenderung fluktuatif (tidak tetap).

Kata kunci : Steganografi, Compressive Sensing, Orthogonal Matching Pursuit, Discrete Cosine Transform-2D, PSNR, MSE, BER.

Subjek

IMAGE PROCESSING
 

Katalog

ANALISIS TEKNIK STEGANOGRAFI CITRA GAMBAR MENGGUNAKAN COMPRESSIVE SENSING ALGORITMA ORTHOGONAL MATCHING PURSUIT DAN DISCRETE COSINE TRANSFORM-2D MENGGUNAKAN METODE PENYISIPAN SINGULAR VALUE DECOMPOSITION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIFQI AZUFAR
Perorangan
RATRI DWI ATMAJA, IRMA SAFITRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • EE3513 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • FEH3A3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU DISKRIT
  • FEH2L3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU KONTINYU
  • FEH4A2 - PENULISAN KARYA ILMIAH DAN PROPOSAL
  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini