AVIGA: EFISIENSI PENUNJUK ARAH MENGGUNAKAN IMMERSAL MAPPER DAN AUGMENTED REALITY DI RUMAH SAKIT (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru)

ZHAFIRA ZAHRA

Informasi Dasar

21.06.315
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Immersal SDK merupakan sistem penempatan visual dan pemetaan spasial yang dapat menggabungkan dunia nyata dan konten digital dengan membuat perangkat dapat menempatkan diri di dunia nyata. Immersal SDK dapat membuat perangkat mengetahui orientasi yang tepat pada dunia nyata tanpa perlu QR code sebagai marker karena menggunakan lingkungan itu sendiri sebagai marker. Sistem Navigasi adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengetahui kedudukan atau posisi dan arah perjalanan. Sistem navigasi dapat memandu arah dalam perjalanan dari suatu tempat ke tempat tujuan. Sistem navigasi saat ini menggunakan teknologi Global Positioning Satelit (GPS) yang memberikan informasi posisi secara digital. Pada beberapa rumah sakit, petunjuk ruangan masih menggunakan papan petunjuk yang digantung. Menurut hasil wawancara yang kami lakukan petunjuk ruangan berupa papan petunjuk ruangan kurang efektif dalam melakukan pencarian ruangan di dalam rumah sakit. Dari kondisi diatas, penulis memberikan solusi untuk membantu pengunjung rumah sakit dalam bentuk sistem navigasi yang memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality). Sistem ini membutuhkan marker dalam bentuk pengambilan gambar pada area jalan menuju ruangan-ruangan yang sering dikunjungi oleh pengunjung di dalam rumah sakit (mapping area) dengan menggunakan immersal. Sehingga sistem navigasi menggunakan teknologi AR dan metode immersal ini dapat membantu pengguna menemukan ruangan yang dicari lebih cepat dengan menggunakan layar smartphone pengguna.

Kata Kunci: Immersal, Sistem Navigasi, Augmented Reality (AR).

Subjek

SOFTWARE DEVELOPMENT
 

Katalog

AVIGA: EFISIENSI PENUNJUK ARAH MENGGUNAKAN IMMERSAL MAPPER DAN AUGMENTED REALITY DI RUMAH SAKIT (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZHAFIRA ZAHRA
Perorangan
RAHMADI WIJAYA
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini