APLIKASI BEBASIS WEB UNTUK ANALISIS PEMBELIAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (STUDI KASUS: KINI CHEESE TEA, PEKALONGAN)

I PUTU ARYA BUDI MAHARDIKA

Informasi Dasar

21.06.311
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kini Cheese Tea merupakan bisnis yang bergerak dibidang penjualan minuman bubuk dan boba. Kini Cheese Tea terletak di Desa Kemplong, Kampung Batik, Pekalongan. Beridiri pada tahun 2019 oleh Ryan Fatahillah. Proses pengelolaan pembelian bahan baku produksi minuman dan boba tidak teratur, karena pemilik membeli bahan baku apabila stok sudah mulai habis, sehingga dapat menimbulkan persediaan bahan baku yang tidak stabil dan pembelian yang tidak tepat. Pada retur pembelian pemilik hanya menukarkan barang yang rusak ke vendor dan pencatatannya hanya ditulis pada buku secara manual. Dalam pengelolaan pembelian bahan baku, Kini Cheese Tea dapat menggunakan metode economic order quantity yaitu metode yang menentukan jumlah barang yang harus dibeli untuk persediaan bahan baku, dengan biaya pembelian bahan baku yang diminimalkan dan pencatatan retur pembelian yang dilakukan secara otomatisasi pada aplikasi. Sehingga pemilik memerlukan aplikasi berbasis web untuk analisis pembelian bahan baku menggunakan metode economic order quantity dan penataan retur pembelian. Pembuatan aplikasi ini menggunakan perancangan sistem Unified Modeling Language (UML) dan Entity Relation Diagram (ERD). Menggunakan Bahasa pemrograman PHP dalam kerangka Codeigniter, serta menggunakan database MySQL. Adapun hasil dari penelitian dan implementasi ini berupa aplikasi yang dapat mengelola persediaan bahan baku, mencatat retur pembelian, serta mencatat transaksi pembelian bahan baku dan laporan. Kata Kunci: pembelian bahan baku, retur pembelian, CodeIgniter, MySQL

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI BEBASIS WEB UNTUK ANALISIS PEMBELIAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (STUDI KASUS: KINI CHEESE TEA, PEKALONGAN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I PUTU ARYA BUDI MAHARDIKA
Perorangan
TORA FAHRUDIN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini