KONTROL PENGISIAN BATERAI DAN PUMPED STORAGE DI RUMAH HYBRIDA (CONTROL OF CHARGING BATTERY AND PUMPED STORAGE AT THE HYBRIDA HOUSE)

NAUFAL HIBATULLAH

Informasi Dasar

21.04.3602
005.447 6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SHS (Solar Home System) adalah sebuah system daya listrik mandiri yang pada umumnya membutuhkan sebuah penyimpan daya seperti baterai maupun penyimpan energinya. Pada Tugas Akhir kali ini penulis akan merancang dan mengimplementasikan solar home system dengan menggunakan dua metode penyimpanan energi yaitu menggunakan baterai dan penyimpanan energi potensial air. Untuk mengoptimalkan sistem kinerja dari panel surya digunakan sebuah metode mencari titik tertinggi MPPT (Maximum Power Point Tracking). Dengan cara menerima input analog yang dihasilkan dari berbagai sensor dan mengubahnya terlebih dahulu menjadi digital (ADC Convertion), lalu diproses kedalam algoritma control MPPT dan didapat tegangan output dari synchronous buck converter yang akan dikontrol dengan PWM (Pulse Width Modulation), sehingga dapat menghasilkan daya keluaran ke baterai maupun ke pompa air dengan lebih optimal dan efisiensi yang lebih baik. Dari hasil analisa didapatkan, penggunaan dua metode penyimpanan energi yaitu baterai dan penyimpanan energi potensial pumped storage mengunakan single panel surya dapat menghasilkan daya sebesar 10.99 Wh. Berbeda jauh dengan hanya mengunakan metode penyimpanan baterai dapat menghasilkan daya sebesar 7,84 Wh dan dengan metode penyimpanan energi potensial pumped storage dapat menghasilkan daya sebesar 1.35 Wh. Efisiensi pada MPPTT P&O dengan mengunakan metode penyimpanan baterai dan energi potensial pumped storage sebesar 85.96%, dengan mengunakan metode penyimpanan energi potensial pumped storage sebesar 79.85 %, dan dengan megunakan metode penyimpanan baterai sebesar 72.36%.

Subjek

ELECTRONICS AND CONTROL
 

Katalog

KONTROL PENGISIAN BATERAI DAN PUMPED STORAGE DI RUMAH HYBRIDA (CONTROL OF CHARGING BATTERY AND PUMPED STORAGE AT THE HYBRIDA HOUSE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL HIBATULLAH
Perorangan
Cahyantari Eka Putri, Irham Mulkan Rodiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini