ANALISIS DAN PERANCANGAN PEDOMAN, PROSES, DAN TEKNIK PENILAIAN DATA ARCHITECTURE MANAGEMENT MENGGUNAKAN DAMA-DMBOKv2 DAN PROCESS ASSESSMENT MODEL

TANIA TARYONO

Informasi Dasar

21.04.3466
300.285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data merupakan aset perusahaan yang vital, karena data dan informasi dapat memberikan perusahaan berupa insight mengenai pelanggan, produk, dan jasa yang mereka miliki. Pengelolaan aset di perusahaan merupakan kegiatan yang essensial agar aset dapat digunakan secara maksimal dan dapat memberikan value untuk perusahaan, termasuk pengelolaan data yang biasa disebut dengan data management. Dapat diketahui bahwa suatu perusahaan memiliki banyak data yang berasal dari berbagai sumber di perusahaannya. Data yang dimiliki tersebut tersimpan pada platform yang berbeda di setiap departemen, dan sering ditemukan data yang terduplikasi atau mengalami redudansi. Disamping itu, masih banyak perusahaan mendapati data yang dimiliki bermasalah, tidak terupdate dan tidak konsisten.

Hal ini menjadikan arsitektur data begitu diperlukan oleh perusahaan, dapat diketahui bahwa arsitektur yang buruk membawa kesulitan dalam pengorganisasian dan pendistribusian data bagi pemangku kepentingan yang bervariasi pada setiap proses bisnis di perusahaan secara keseluruhan. Begitu pula dengan kelancaran pengambilan keputusan pada level eksekutif. Dengan itu, arsitektur data dapat membantu perusahaan mulai dalam hal menerapkan aturan, kebijakan, serta standar yang mengatur cara data dikumpulkan. Kemudian bagaimana mentransformasikan, mendistribusikan dan menggunakan data sesuai relevansi setiap stakeholder yang memiliki kepentingan atas data tersebut.

Penelitian ini berfokus pada perancangan pedoman dan teknik penilaian manajemen arsitektur data agar dapat diimplementasikan pada perusahaan. Data Management Body of Knowledge (DAMA-DMBOKv2) merupakan landasan utama yang dipakai pada penelitian ini dalam melakukan analisa rancangan proses manajemen arsitektur data dan Process Assessment Model (PAM) digunakan sebagai pedoman serta rancangan teknik penilaian yang diusulkan. Diperlukan penilaian bagi pedoman yang diusulkan agar kesesuaian rancangan tersebut dapat diukur untuk mencapai tujuan akhir yaitu pengimplementasian di perusahaan.

Kata kunci: DAMA-DMBOK, Manajemen Data, Manajemen Arsitektur Data, Tata Kelola Data, Pedoman, Proses, Penilaian.

Subjek

DATA ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN PEDOMAN, PROSES, DAN TEKNIK PENILAIAN DATA ARCHITECTURE MANAGEMENT MENGGUNAKAN DAMA-DMBOKv2 DAN PROCESS ASSESSMENT MODEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TANIA TARYONO
Perorangan
Tien Fabrianti Kusumasari, Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini