Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Kerja Praktek dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Website Untuk Modul Pembimbing di Fakultas Rekayasa Industri Dengan Metode Extreme Programing (XP)

MUHAMMAD IQBAL MUFLIHUDDIN

Informasi Dasar

21.04.3449
652.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kerja praktek dan pengabdian masyarakan atau bisa disingkat KPPM merupakan mata kuliah yang mewajibkan mahaiswa untuk praktek bekerja di perusahaan atau instansi atau organisasi. Mata kuliah KPPM ini wajib diambil oleh setiap mahasiswa, yang mana hal itu tercantum dalam aturan kementrian Pendidikan. Mata kuliah KPPM ini juga diwajibkan dan dicantumkan dalam aturan rekor Telkom University. Dalam pelaksanaannya KPPM melibatkan beberapa pengguna, yaitu Mahasiswa, Pembimbing dan Admin. Dari setiap pengguna memiliki informasi yang berbeda-beda. Setiap informasi yang diberikan oleh pengguna sangat penting dalam menjalankan KPPM ini. Proses bisnis berjalannya kerja yang diterapkan sekarang masih menggunakan media social dan aplikasi berbagi pesan untuk saling bertukar informasi. Dalam prakteknya hal ini sangat kurang efektif dan mudah muncul kendala. Untuk modul pembimbing masalah yang muncul antaralain kurangnya informasi tentang mahasiswa yang dibimbing dan belum adanya wadah atau aplikasi agara seagala informasi dapat terpusat dan berelasi satu sama lain. Banyak informasi yang dibutuhkan dalam menjalankan proses KPPM. Maka dari itu dibuat aplikasi administrasi KPPM sebagai wadah atau aplikasi yang dapat menghubungkan setiap pengguna dan juga memusatkan semua informasi dalam proses KPPM dalam satu website. Website ini dibuat dengan menggunakan metode extreme programing. Website ini diuji menggunakan metode usability testing. Dari hasil testing yang dilakukan dengan melibatkan pembimbing sebagai responden. Hasilnya menunjukan bahwa website KPPM FRI ini layak dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan website ini bisa menjadi aplikasi untuk mempermudah proses administrasi KPPM di FRI. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi dalam membuat rancangan aplikasi website administrasi KPPM di FRI dengan modul pembimbing lapangan.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Kerja Praktek dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Website Untuk Modul Pembimbing di Fakultas Rekayasa Industri Dengan Metode Extreme Programing (XP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IQBAL MUFLIHUDDIN
Perorangan
Nia Ambarsari, Edi Sutoyo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini