KONFIGURASI FUNGSI COST ALLOCATION UNTUK PROFITABILITAS ANALISIS MANAGERIAL REPORT MENGGUNAKAN SAP S/4HANA MODUL CONTROLLING PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN (STUDI KASUS PT XYZ)

GHERALDI MUHAMMAD SINALOAN

Informasi Dasar

21.04.3447
620.004 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ adalah perusahaan kontraktor pertambangan skala besar yang bergerak di bidang industri pertambangan yang memberikan layanan dan dukungan pertambangan yang komprehensif kepada pemilik pertambangan. Perusahaan ini memiliki in-house development system, tetapi tidak memiliki sistem alokasi biaya yang andal dan tidak terintegrasi dengan departemen lain. Namun, inkonsistensi data muncul selama proses pelaporan yang masih konvensional dan tidak terjadi secara real-time. Proses yang sudah ada pada perusahaan tersebut membuat proses alokasi biaya nya kurang optimal dan sulit untuk dianalisis. Dalam penelitian ini solusi yang akan dilakukan adalah dengan mengimplementasikan konsep Enterprise Resource Planning (ERP) yang berfungsi untuk mengintegrasikan semua proses yang terkait dengan laporan Profitability Analysis (COPA) dalam akuntansi manajerial perusahaan. SAP S/4HANA merupakan software ERP dengan salah satu modulnya yaitu Controlling (CO) yang dapat meningkatkan proses alokasi biaya di PT XYZ. Implementasi modul SAP S/4HANA Controlling (CO) menggunakan metodologi Accelerated SAP (ASAP) sampai tahap Realization dengan pengujian System Integration Test (SIT) dan User Acceptance Test (UAT). Hasil akhir dari penelitian ini adalah laporan laba rugi manajerial menggunakan SAP S/4HANA dengan pengujian nya yang telah berhasil dan telah disesuaikan serta divalidasi dengan langkah Month-End Closing di perusahaan tersebut.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

KONFIGURASI FUNGSI COST ALLOCATION UNTUK PROFITABILITAS ANALISIS MANAGERIAL REPORT MENGGUNAKAN SAP S/4HANA MODUL CONTROLLING PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN (STUDI KASUS PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHERALDI MUHAMMAD SINALOAN
Perorangan
Muhardi Saputra, Warih Puspitasar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini