ANALISIS KINERJA SISTEM KOMUNIKASI PLC DENGAN RASPBERRY PI VIA PROTOKOL MODBUS DAN PROTOKOL FINS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

ADJIE HAFIED SHOBIRIN

Informasi Dasar

21.04.3285
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada Tugas Akhir ini berfokus pada Analisa performasi pada sistem komunikasi antara PLC denga Raspberry Pi yang menggunakan 2 protokol yaitu protokol Modbus dan protokol FINS. Analisa performasi ini melingkupi pengaruh baudrate pada waktu proses pencarian device, pembacaan data, dan penulisan perintah data serta membandingkan 2 protokol dari pengaruh banyak data memori terhadap waktu proses Raspberry Pi dalam pembacaan data dan penulisan perintah data. Pada pengiriman data ke Antares akan dilakukan juga analisa performasi dalam pengaruh jumlah data memori terhadap pengiriman data tersebut : (i) Menganalisa performasi setiap device dalam perancangan alat pada waktu proses ketika pencarian device, pembacaan data, dan penulisan perintah data. (ii) Menganalisa performasi waktu proses pembacaan data dan penulisan perintah data oleh Raspberry Pi dengan pengaruh banyaknya data memori. (iii) Menganalisa performasi kecepatan pengiriman data ke ANTARES pada pengaruh jumlah data memori dengan kecepatan upload internet yang stabil menggunakan LAN. Hasil dari Tugas Akhir ini diharapkan bisa membantu konsumen yang membutuhkan hasil analisa performasi komunikasi PLC ke Raspberry Pi ini yang membutuhkan device terbaik dari segala aspek yang akan diuji pada Tugas Akhir ini dan mempermudah juga dalam monitoring karena terhubung langsung ke ANTARES untuk databasenya. Pengujian yang telah dilakukan akan dianalisis performasi pada setiap device yang digunakan yaitu Siemens S7-200, Omron CP1L dan Omron CP1H terhadap parameter yang telah ditentukan. Hasil analisa performasi telah final dan device yang paling optimal dalam waktu proses setiap parameter yang telah ditentukan ialah device Omron CP1L. Device tersebut menggunakan protokol FINS yang menarik kesimpulan bahwa protocol tersebut lebih unggul dari protocol Modbus. Kata Kunci : PLC, MODBUS, FINS, IoT, Raspberry Pi, Cloud, ANTARES

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

ANALISIS KINERJA SISTEM KOMUNIKASI PLC DENGAN RASPBERRY PI VIA PROTOKOL MODBUS DAN PROTOKOL FINS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADJIE HAFIED SHOBIRIN
Perorangan
M. Ary Murti, Brahmantya Aji P.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini