Jaringan Transportasi : Teori dan Analisis

Sakti Adji Adisasmita

Informasi Dasar

13.01.485
388
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
9b

Jaringan jalan terdiri dari banyak jalan (jalan arteri, jalan kolektor dan jalan lokal) yang membentuk suatu sistem jaringan jalan secara keseluruhan. Jaringan jalan memiliki fungsi yang sangat penting dalam meningkatkan kelancaran pelayanan transportasi.

Pola jaringan transportasi yang serasi dengan kebutuhan pelayanan pergerakan lalu lintas manusia dan barang secara berkapasitas, akan mampu memenuhi penyelenggaraan pelayanan transportasi secara kesisteman, yang bertujuan meningkatkan kelancaran lalu lintas, membantu mewujudkan sistem logistik nasional secara mantap, mendorong pengembangan wilayah, dan memperkokoh kehidupan masyarakat dalam kerangka perwujudan wawasan nusantara.

Penyusunan jaringan transportasi yang mantap harus memperhatikan dan memperhitungkan banyak aspek, misalnya: 1. distribusi penduduk dan kegiatan pembangunan sektoral yang tersebar di berbagi daerah, 2. rencana pemanfaatan tata ruang wilayah yang telah ditetapkan, 3. kebutuhan jasa transportasi antar wilayah dan pusat kegiatan (kota), 4. penyediaan jumlah dan kapasitas sarana transportasi, 5. karakteristik dan klasifikasi jaringan jalan menurut fungsinya , 6. strategi kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional dan regional.

Mengingat sangat pentingnya peranan dan fungsi jaringan transportasi (jalan) dalam menunjang pergerakan lalu lintas manusia dan barang serta pembangunan secara efektif dan efisien, maka perlu dilakukan perencanaan dan analisis konseptual dan teoritikal secara Reliable dan Implementable.

Subjek

TRANSPORTATION
 

Katalog

Jaringan Transportasi : Teori dan Analisis
978-979-756-775-0
xiii,199p.: il.; 23cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Sakti Adji Adisasmita
Perorangan
 
 

Penerbit

Graha Ilmu
Yogyakarta
2011

Koleksi

Kompetensi

  • DII3J3 - INTERIOR TRANSPORTASI
  • ILI3E3 - SISTEM TRANSPORTASI
  • IMI2C3 - SISTEM TRANSPORTASI
  • IEI5Q3 - SISTEM TRANSPORTASI DAN DISTRIBUSI BARANG
  • ILI3L3 - TRANSPORTASI MULTI-MODA
  • ILI4I3 - LOGISTIK MARITIM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini