ANALISIS BIAS GENDER PADA FILM KIM JI YOUNG, BORN: 1982

MIA ADVENNIA PANJAITAN

Informasi Dasar

21.04.3201
791.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perempuan dan laki-laki merupakan suatu identitas yang digunakan masyarakat untuk membedakan jenis kelamin manusia. Perbedaan ini mengakibatkan adanya perbandingan kedudukan antar kedua gender tersebut. Masyarakat memandang laki-laki sebagai sosok yang cenderung lebih kuat, gagah, dan bebas memperoleh pekerjaan namun, beda halnya dengan perempuan yang biasanya dipandang sebagai sosok yang lemah, lembut, dan adanya keterbatasan memilih pekerjaan. Istilah ketidakadilan gender ini disebut dengan bias gender. Adanya kesadaran terhadap bias gender ini dikarenakan terdapatnya perbedaan penempatan posisi terhadap perempuan. Terkait dengan bias gender, permasalahan yang sering dijumpai di masyarakat Korea Selatan. Bias gender tesebut dapat disampaikan melalui media, salah satunya film.

Film adalah media untuk berakting. Film adalah salah satu bentuk media yang berfungsi sebagai alat baru untuk menyebarkan konten hiburan yang sudah umum digunakan di masa lalu dan untuk layanan teknis periklanan seperti cerita, acara, musik, teater, komedi dan lainnya kepada masyarakat. Salah satu film tersebut adalah Kim Ji Young, Born: 1982 yang merupakan adaptasi dari novel karya Cho Nam-Joo. Film ini mengandung segala permasalahan yang menyangkut ketidaksetaraan gender dalam masyrakat. Tidak hanya visual, teks dari film Kim Ji Young, Born: 1982 ini mendukung dan mempertegas cerita yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan menggunakan paradigma kritis.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana kritis Sara Mills yang menggunakan analisis posisi-objek dan posisi penonton. Dengan menggunakan kerangkan analisis wacana Sara Mills, penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana bias gender tersebut ditampilkan dalam suatu teks/wacana. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana Kim Ji Young hidup di lingkungan yang tidak mendukung perempuan untuk melakukan apa yang mereka inginkan dan selalu dibeda-bedakan dengan laki-laki. Dimana perempuan Korea tersebut digambarkan dalam film Kim Ji Young, Born : 1982 ini memperlihatkan bagaimana perempuan diperlakukan tidak adil dalam keluarga dan ranah kerja, dilecehkan, tidak mendapatkan kebebasan hak, dan kebebasan untuk memperoleh pekerjaan.

Kata Kunci : Perempuan, Film, Kim Ji Young, dan Analisis Wacana Kritis Sara Mills

Subjek

FILM
 

Katalog

ANALISIS BIAS GENDER PADA FILM KIM JI YOUNG, BORN: 1982
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIA ADVENNIA PANJAITAN
Perorangan
RORO RETNO WULAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini