ANALISIS FAKTOR – FAKTOR KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN PADA UMKM BATIK DI GARUT (Studi Kasus pada Asosiasi Kampung Batik Paledang)

ILHAM MUHAMAD YASIR

Informasi Dasar

21.04.3102
338.04092
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri Batik dinilai telah menguasai pasar dunia sehingga mampu menjadi penggerak bagi perekonomian Nasional yang merupakan warisan budaya leluhur kita. Pada tahun 2020 Indonesia terkena dampak pandemi Covid-19 yang mengakibatkan banyak umkm mengalami penurunan pendapatan dikarenakan adanya pembatasan sosial, tapi ada yang menarik bahwasannya di masa Pandemi ini Industri batik justru menyumbang Devisa negara dari hasil ekspor, dilihat dari sini bahwasannya ada kesempatan untuk para Pengrajin Batik meningkatkan kembali kinerjanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor karakteristik kewirausahaan apa saja yang dimiliki oleh anggota Asosiasi Kampung Batik Paledang. yang diharapkan bahwa hasil dari penelitian ini dijadikan salah satu parameter dalam mengetahui Karakteristik Kewirausahaan yang dimiliki dan dijadikan bahan evaluasi kerjanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis faktor konfirmatori yang dapat digunakan untuk mengkonfirmasi apakah model pengukuran yang dibangun sesuai dengan yang dihipotesiskan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat dau komponen faktor karakteristik kewirusahaan yang dimiliki Asosiasi Kampung Batik Paledang, yaitu komponen kreatif dan terencana. karakteristik kewirausahaan yang dimiliki oleh Asosiasi Kampung Batik Paledang didominasi oleh komponen kreatif sebesar 35,59 %. hasil analisis deskriptif pada karakteristik kewirausahaan Asosiasi Kampung Batik Paledang memiliki nilai sebesar 62,05% yang berada pada kategori cukup baik.

Subjek

ENTREPRENEUR
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN PADA UMKM BATIK DI GARUT (Studi Kasus pada Asosiasi Kampung Batik Paledang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM MUHAMAD YASIR
Perorangan
Nuslih Jamiat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini