Analisis Proses Inkubator Bisnis Dalam Menciptakan Inovasi Produk PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (Studi Kasus Pada Digital Amoeba)

VIVIE INSANI SAFFANAH QALBI RUHYANA

Informasi Dasar

21.05.081
338.04
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Inkubator bisnis khususnya di Indonesia kini telah mengalami perkembangan, khususnya untuk inkubator yang berada dibawah naungan perusahaan. Program inkubator ini berfungsi sebagai laboratorium inovasi yang bertujuan untuk mencari talenta baru yang terpendam dari diri karyawan. Namun dalam realitanya inkubator bisnis perusahaan memiliki berbagai kendala seperti sumber daya manusia, modal, teknis validasi, regulasi dan juga potensi pasar belum lagi produk yang dihasilkan harus tetap seirama dengan tujuan perusahaan induk. Selain itu juga baik startup maupun perusahaan yang masih sama-sama belajar karena masih baru dalam dunia inkubasi juga startup yang mampu bertahan setelah keluar dari inkubasi tergolong masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam informasi mengenai proses inkubasi. Selain itu juga bertujuan untuk mengevaluasi kendala yang menghambat startup untuk bisa mampu bertahan setelah lulus dari inkubator. Harapannya dapat membantu mengembangkan maupun memperbaiki proses inkubasi pada internal perusahaan. Proses evaluasi yang dilakukan mencakup tahapan dalam inkubator meliputi tahap pra-inkubasi, tahap inti inkubasi dan pasca inkubasi. Komponen tersebut dilakukan penganalisaan secara mendetail untuk melihat proses pembelajaran yang terjadi dalam inkubator. Proses penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam untuk pengambilan data. Narasumber pada penelitian kali ini adalah pengelola inkubator Digital Amoeba yang terdiri dari 4 orang dan tenant yang sudah memiliki pengalaman inkubasi pada Digital Amoeba sebanyak 4 orang. Adapun pengambilan data lainnya dilakukan dengan pengumpulan data sekunder. Komponen penelitian kali ini meliputi kriteria, tahapan, jumlah pendaftar, persentase pendaftar, target, program pembelajaran, pendanaan, fasilitas, kelulusan, program setelah kelulusan dan dampaknya. Berdasarkan hasil analisis dari semua aspek ada beberapa kriteria yang masih harus dibenahi yaitu dalam proses tahap validasi. Kesimpulannya bahwa inkubator Digital Amoeba masih memiliki kekurangan dalam proses main incubation. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alat ukur evaluasi pembelajaran di incubator juga hasilnya bisa dijadikan pandua dalam pengelolaan inkubasi di kemudian hari. Diharapkan juga penelitian ini dapat menstimulus inkubator untuk terus berkembang.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Analisis Proses Inkubator Bisnis Dalam Menciptakan Inovasi Produk PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (Studi Kasus Pada Digital Amoeba)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIVIE INSANI SAFFANAH QALBI RUHYANA
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini