PEMETAAN TALENTA DIGITAL BERDASARKAN KOMPETENSI MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS (STUDI KASUS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIREBON)

NABILA AMMARA DILIANA

Informasi Dasar

21.04.3067
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia berada pada peringkat ke-56 dalam Digital Competitiveness rangking, survei tersebut mempertimbangkan berbagai macam faktor yaitu pengetahuan, teknologi, serta kesiapan di masa mendatang yang dalam hal ini adalah keahlian di sektor digital serta jumlah talenta digital yang dimiliki suatu Negara. Kebutuhan akan talenta digital di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, pemerintah merupakan objek sentral yang diharapkan berusaha untuk memenuhi kebutuhan talenta digital tersebut, dalam hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam penerapan e-government yang salah satunya adalah penerapan konsep smart city di beberapa kota dan kabupaten di seluruh wilayah Negara Indonesia, dimana organisasi-organisasi terkait yang berbasis digital di Indonesia juga sangat diharapkan untuk dapat ikut mengambil bagian dalam mencetak talenta-talenta digital yang kompeten. Keberadaan organisasi berbasis ICT juga akan menjadi salah satu lembaga yang diharapkan dapat mencetak talenta-talenta digital yang cekatan. Salah satu cara mengeksplorasi data talenta digital yang dimiliki oleh suatu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon yaitu dengan mengidentifikasi talenta unggulan yang memiliki komptensi digital yang cukup dengan pengukuran pada model social network analysis (SNA). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan talenta digital unggulan berdasarkan kompetensi digital yang dimiliki yang dapat diukur dengan network centrality, mengidentifikasi ke dalam beberapa model jaringan sosial berdasarkan pola yang ada pada talenta digital Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa talenta digital dengan model social network analysis dapat menunjukkan bagaimana potensi talenta digital yang dapat menjadi pengaruh bagi perkembangan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon berdasarkan hasil nilai metrik yang dimiki oleh talenta digital lainnya pada sektor digital sebagai rekomendasi untuk pemerintah. Hasil penelitian ini di dapatkan 12 aktor teratas yang merupakan talenta digital yang dimiliki oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon beserta akumulasi nilai kompetensi digital pada ke 12 aktor tersebut yang memberikan informasi bagi Dinas Komunikasi dan Informatika serta memberikan insight baru, khususnya dalam bidang SDM dalam upaya meningkatkan kompetensi pada talenta digital yang ada pada suatu instansi pemerintah yang dapat dilihat dari hasil pengukuran sentralitas yang memiliki nilai paling tinggi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan sumber data dari situs, instansi pemerintah lainnya, maupun perusahaaan, dengan rentang waktu data yang lama. Kata Kunci: Talenta Digital, Kompetensi Digital, Pemetaan Talenta, Social Network Analysis.

Subjek

Human resources management
 

Katalog

PEMETAAN TALENTA DIGITAL BERDASARKAN KOMPETENSI MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS (STUDI KASUS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIREBON)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILA AMMARA DILIANA
Perorangan
Ratri Wahyuningtyas, Andry Alamsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini