ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015-2019)

MUHAMMAD IRFAN NAZWARDI

Informasi Dasar

21.04.3054
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai Perusahaan adalah pandangan investor terhadap tingkat keberhasilan manajer untuk melakukan pengelolaan sumber daya perusahaaan. Nilai perusahaan dapat dinilai dan memberikan gambaran tentang kesejahteraan stakeholders melalui jumlah sahamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Keluarga, Struktur Kepemilikan Publik, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Kepemilikan keluarga diukur dengan menggunakan variabel dummy, Struktur kepemilikan publik diukur dengan menggunakan yaitu dengan membagi hasil dari jumlah saham yang dimiliki masyarakat dengan jumlah saham yang beredar. Kebijakan dividen diukur dengan menggunakan Dividend Payout Ratio. Dan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Tobin’s Q. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode perolehan data observasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan bantuan aplikasi eviews 10 dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi data panel. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari situs web Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil pengujian dengan metode regresi data panel diperoleh hasil bahwa secara simultan kepemilikan keluarga, struktur kepemilikan publik, dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial, kepemilikan keluarga tidak berpengaruh, dan struktur kepemilikan publik berpengaruh negatif. Sedangkan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan objek penelitian pada sektor atau industri lain selain industri barang konsumsi agar hasil penelitian dapat diperbandingkan dan menggunakan periode penelitian yang terbaru agar hasil penelitian lebih relevan.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Kepemilikan Keluarga, Nilai Perusahaan, Struktur Kepemilikan Publik

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN NAZWARDI
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini