EVALUASI USABILITY HASIL IMPLEMENTASI ERP OPEN SOURCE ODOO 14.0 MENGGUNAKAN METODE CHRISTIAN NEBENFUHR (STUDI KASUS PT KURASI)

TITO DAMAS PAMUNGKAS

Informasi Dasar

21.04.2972
658.57
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak PT Kurasi merupakan perusahaan percetakan komersial yang sudah berdiri sejak tahun 2012. Namun penerapan proses bisnis dan pengelolalan informasi perusahaan seperti penjualan, pembelian, dan persediaan masih menggunakan pencatatan manual ataupun bantuan software microsoft word dan microsoft excel. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan yaitu dalam melakukan pencatatan penjualan ataupun pembelian sering terjadi kesalahan, pencatatan transaksi yang tidak dapat dilaksanakan dengan cepat dan maksimal menyebabkan terhambatnya penerimaan informasi. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan suatu software agar proses bisnis dan pengelolaan informasi yang ada dalam perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Salah satu software yang dapat membantu pengelolalan proses bisnis perusahaan yaitu menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP merupakan sebuah sistem informasi yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan dan mengautomisasi proses bisnis yang ada pada PT. Kurasi. Dalam pelaksanaan Tugas Akhir peneliti melakukan implementasi ERP menggunakan software Odoo yang bersifat open source dengan melakukan beberapa konfigurasi dan kustomisasi agar sesuai dengan proses bisnis yang dibutuhkan oleh perusahaan. Peneliti juga menggunakan metode Christian Nebenfuhr dalam penelitian tugas akhir. Dengan adanya implementasi software ERP Odoo ini, permasalahan pencatatan pembukuan secara manual teratasi dan PT.Kurasi memiliki sistem teknologi informasi yang dapat mengintegrasikan seluruh informasi yang dimiliki dan dapat menjalankan proses bisnis perusahaan lebih baik untuk kedepannya. Kata kunci: Enterprise Resource Planning, Odoo, Open Source, Christian Nebenfuhr

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

EVALUASI USABILITY HASIL IMPLEMENTASI ERP OPEN SOURCE ODOO 14.0 MENGGUNAKAN METODE CHRISTIAN NEBENFUHR (STUDI KASUS PT KURASI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITO DAMAS PAMUNGKAS
Perorangan
Eko Darwiyanto, Ichwanul M Karo Karo
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini