Ekstraksi Aspek menggunakan BiLSTM-CRFs pada Ulasan Lipstik Bahasa Indonesia (Aspect Extraction using BiLSTM-CRFs on Indonesian Lipstick Reviews)

RIFQI AHMAD FAUZI

Informasi Dasar

21.04.2829
006.35
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ulasan merupakan suatu tulisan opini yang menilai mengenai karya atau kejadian yang diulas, dan aspek merupakan kata atau frasa yang menggambarkan atribut atau fitur entitas yang menjadi target opini. Di era modern, terdapat banyak situs yang memberi wadah terhadap pengguna untuk memberikan ulasan terhadap suatu produk, contohnya situs femaledaily.com yang memberikan wadah kepada penggunanya untuk mengulas produk-produk kecantikan, salah satunya produk lipstik. Aspek yang terdapat pada ulasan menjadi informasi berharga bagi para pemilik bisnis karena dengan adanya ulasan produk, mereka bisa mendapatkan wawasan dan informasi terhadap produknya sehingga dapat meningkatkan kualitas produknya. Namun mengambil informasi aspek dari teks ulasan dengan jumlah yang banyak membutuhkan waktu dan sumber daya yang besar jika dilakukan secara manual. Adanya sebuah sistem untuk dapat mengekstraksi aspek secara otomatis dari teks ulasan akan membantu. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan pembangunan sistem ekstraksi aspek dengan menggunakan metode Bidirectional Long Short-Term Memory dengan Conditional Random Fields (BiLSTM-CRFs). Hasil pengujian mendapatkan nilai F1 Score sebesar 57% dengan tuning parameter dimensi vektor embedding layer sebesar 256, banyak batch sebesar 32, dan banyak epoch sebesar 64.

Subjek

Natural language processing
 

Katalog

Ekstraksi Aspek menggunakan BiLSTM-CRFs pada Ulasan Lipstik Bahasa Indonesia (Aspect Extraction using BiLSTM-CRFs on Indonesian Lipstick Reviews)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQI AHMAD FAUZI
Perorangan
Ade Romadhony, Erwin Budi Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini