KLASIFIKASI SINYAL ALPHA BETA TERHADAP KONSENTRASI DIRI DALAM KONDISI MENGERJAKAN TES MATEMATIKAMENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR(K-NN)

MUHAMMAD ALIF RIZQI HATMADIANSYAH

Informasi Dasar

21.04.2752
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Secara umum gelombang otak manusia mengalami perubahan ketika dalam kondisi normal dan ketika melakukan aktifitas. salah satunya ketika meminum kafein yang menyebabkan perubahan pada kondisi otak seseorang terhadap objek yang diinginkan. Target yang akan diuji adalah sinyal otak responden ketika mengerjakan tes matematika Pada penelitian tugas akhir ini akan dilakukan analisis pada gelombang alpha dan beta otak manusia saat dalam kondisi normal dan saat keadaan meminum kafein, yang memberikan perbandingan dari kedua kondisi tersebut dan memperlihatkan hasil analisis yang diinginkan.Pengukuran bentuk sinyal otak diukur dari informasi sinyal Elektroencephalogram (EEG) yang dapat merekam aktivitas elektrik di sepanjang kulit kepala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Discrete Wavelet Transform (DWT) sebagai metode Ekstraksi ciri dengan mengekstraksi sinyal terhadap gelombang Alpha dan Beta untuk mendapatlan suatu ciri yang akan mempengaruhi tahap selanjutnya yaitu dalam menjalankan proses klasifikasi menggunakan metode KNearest Neighbor (K-NN). Pada penelitian ini digunakan NeuroSky MindWave atau alat perekam yang memiliki 1 saluran kanal. Pada penelitian ini digunakan 10 responden dalam stimulus atau rangsangan yang berbeda dan sudah dikelaskan,pada penelitian kali ini ada dua jarak KNN terbaik yaitu euclidean dan juga minkowski yang sama-sama memiliki akurasi terbaikk sebesar 83% dengan parameter yang berbeda. Kata Kunci : Elektroensephalogram, Discrete Wavelet Transform, K-Nearest Neighbor, Gelombang Alpha, Gelombang Beta, Tes Matematika

Subjek

SIGNAL - PROCESSING
 

Katalog

KLASIFIKASI SINYAL ALPHA BETA TERHADAP KONSENTRASI DIRI DALAM KONDISI MENGERJAKAN TES MATEMATIKAMENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR(K-NN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ALIF RIZQI HATMADIANSYAH
Perorangan
Jangkung Raharjo, Gelar Budiman
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini