ALOKASI SUMBER DAYA PADA DEVICE-TO-DEVICE UNDERLAY DOWNLINK MENGGUNAKAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

ERSA RAHMA AQILA MAJID

Informasi Dasar

21.04.2749
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi di bidang seluler semakin pesat. Peningkatan jumlah Cellular User Equipment (CUE) mengakibatkan permintaan kapasitas juga semakin meningkat sehingga beban trafik pada eNodeB meningkat. Sistem komunikasi Device-to-Device (D2D) menjadi solusi , pada sistem komunikasi ini, dua buah perangkat dapat berkomunikasi tanpa menggunakan eNodeB. Komunikasi pada D2D dilakukan dengan penggunaan bersama resource block yang dimiliki oleh Celluler User Equipment (CUE) oleh perangkat D2D. Namun penggunaan resource secara bersamaan ini menyebabkan terjadinya interferensi. Oleh karena itu, dibutuhkan skema alokasi pada resource CUE kepada pasangan D2D yang efesien.

Dalam penelitian ini, dilakukan skema pengalokasian resource pada single cell dengan arah komunikasi downlink. Skema pengalokasian resource dilakukan menggunakan algoritma Greedy yang akan ditambahkan menggunakan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) sebagai alokasi daya, yang kemudian dibandingkan dengan algoritma greedy. Kemudian dilakukan perhitungan dan analisis terhadap parameter kinerja.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan, Greedy dengan Particle Swarm Optimization (PSO) sebagai alokasi daya pada 100 iterasi menghasilkan parameter kinerja yang paling baik dengan kenaikan sumrate 0.0112%, spectral efficiency 0.0115%, power efficiency 1.049%, fairness CUE 0.085%, fairness D2D 0.0056% dan penurunan total daya 0.450%. Kata Kunci : Device to Device, Greedy, Resource Block, Particle Swarm Optimization

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION
 

Katalog

ALOKASI SUMBER DAYA PADA DEVICE-TO-DEVICE UNDERLAY DOWNLINK MENGGUNAKAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERSA RAHMA AQILA MAJID
Perorangan
Linda Meylani, Vinsensius Sigit
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini