METODE T-FOLD PADA CODED SLOTTED ALOHA UNTUK VISIBLE LIGHT COMMUNICATION

MUTIARA FARADINA

Informasi Dasar

21.04.2736
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan manusia akan kecepatan akses informasi telah meningkat pesat. Visible Light Communication (VLC) teknologi komunikasi dengan memanfaatkan cahaya tampak sebagai media transmisi dan lampu LED sebagai sumber cahaya. Tugas Akhir ini menggunakan Non-Orthogonal Multiple Access (NOMA) yang diimplementasikan pada VLC karena NOMA lebih efisien dalam proses multiplexing. Coded Slotted ALOHA (CSA) ditinjau menjadi skema NOMA lantaran keragaman kode digunakan untuk Multiple Access dan pengkodean Successive Interference Cancellation (SIC) untuk mengurangi interferensi. Skema CSA juga diperkenalkan sebagai skema Random Access yang kuat pada frame MAC. Skema CSA ini digeneralisasi dari teknik Irregular Repetition Slotted ALOHA (IRSA) yang berdasarkan pengulangan sederhana dari tabrakan pengguna.

Tugas Akhir ini berfokus pada nilai throughput dan Packet Loss Ratio (PLR) yang dihasilkan saat batas offered load (G) atau decoding threshold menggunakan metode T-Fold dengan skema IRSA. Pengujian dilakukan pada ruangan tertutup dengan model kanal Line of Sight (LOS) dengan ukuran ruangan 6 x 6 x 6 meter. Terdapat 11, 13, dan 15 user dengan posisi acak dan 100 timeslot yang disimulasikan.

Melalui analisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode T-Fold IRSA dengan menggunakan kanal VLC, semakin banyak variasi degree distribution, maka semakin tinggi juga nilai G. Peningkatan nilai Throughput sebesar ±20% dan pada PLR penigkatannya hingga dua kali lipat dalam rasio pengguna yang didekodekan dapat diperoleh dengan menggunakan 15 user dan 6 degree.

Subjek

Optical communications
 

Katalog

METODE T-FOLD PADA CODED SLOTTED ALOHA UNTUK VISIBLE LIGHT COMMUNICATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA FARADINA
Perorangan
Arfianto Fahmi, Brian Pamukti
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini