ANTENA POLARIZATION-RECONFIGURABLE DENGAN RANGKAIAN PENCATU HYBRID COUPLER

ASHFA SAMIAL HAMDA

Informasi Dasar

21.04.2734
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gangguan yang sering terjadi pada propagasi sebuah gelombang ialah benda di alam yang menghalangi gelombang. Benda apapun yang ada di alam dapat menyebabkan berbagai kondisi pada gelombang seperti scattering ataupun difraksi. Scattering ataupun difraksi dapat mengubah kondisi gelombang yang dipancarkan. Salah satunya yaitu depolarisasi atau perubahan polarisasi dari sebuah gelombang. Depolarisasi dapat menyebabkan pada penerima terjadi miss-match yang mengakibatkan daya yang diterima oleh antena penerima akan tidak maksimal.

Untuk menyelesaikan kejadian depolarisasi pada gelombang maka dibutuhkan sebuah antena yang dapat menerima berbagai polarisasi. Salah satu antena yang dapat menerima berbagai polarisasi ialah antena reconfigurable polarisasi. Pada Tugas Akhir ini dirancang sebuah antena mikrostrip dengan patch sirkular serta menggunakan 90º hybrid coupler. Untuk mengubah-ubah polarisasinya digunakan switch pada setiap output hybrid coupler. Dengan polarisasi yang dihasilkan dari antena yang dirancang yaitu vertical linear polarization, horizontal linear polarization, right hand circular polarization (RHCP), dan left hand circular polarization (LHCP). Rentang frekuensi yang didesain pada antena ini ialah 3,5 GHz – 3,6 GHz. Rentang frekuensi tersebut ialah salah satu rentang frekuensi pada 5G band n78 yang rentang frekuensinya 3,3 GHz – 3,8 GHz.

Dari hasil simulasi seluruh konfigurasi polarisasi yaitu menghasilkan nilai yang sesuai dengan spesifikasi antena yaitu return loss ? -10 dB. Serta nilai axial ratio saat simulasi untuk RHCP 2,54 dB, LHCP 2,73 dB, dan untuk kedua polarisasi linier 40 dB. Sedangkan untuk realisasi antenanya return loss ? -10 dB tidak seluruh rentang frekuensi untuk setiap konfigurasi polarisasi. Dan pada pengurukuran axial ratio antena yang didapatkan ialah RHCP 3,64 dB, LHCP 3,14 dB, polarisasi linier vertikal 26,24 dB, dan polarisasi linier horizontal 29,82 dB.

Subjek

ANTENNAS
 

Katalog

ANTENA POLARIZATION-RECONFIGURABLE DENGAN RANGKAIAN PENCATU HYBRID COUPLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASHFA SAMIAL HAMDA
Perorangan
A. ADYA PRAMUDITA, YUYU WAHYU
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini