IDENTIFIKASI RANJAU BAWAH TANAH MENGGUNAKAN PENGOLAHAN B-SCAN PADA GROUND PENETRATING RADAR

RIZKY MAHENDRA TRIJAYANTO

Informasi Dasar

21.04.2701
621.384 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendeteksian objek di dalam tanah merupakan kegiatan yang terus dikembangkan hingga saat ini. Ground Penetrating Radar (GPR) merupakan radar yang dapat digunakan untuk mendeteksi objek yang terdapat di dalam tanah. Pada saat ini, masih terdapat banyak area yang terdapat ranjau di dalamnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan keselamatan manusia. GPR menjadi alat yang mampu digunakan untuk mendeteksi keberadaan ranjau. Ranjau sendiri terbuat dari bahan yang beragam, salah satunya plastik. Ranjau darat yang berbahan baku plastik cukup sulit untuk dideteksi karena respon terhadap sinyal yang rendah.

Pada Tugas Akhir ini dilakukan eksperimen pendeteksian ranjau darat yang dikubur di dalam tanah. Dalam proses pendeteksian, GPR dimodelkan dengan Vector Network Analyzer (VNA) yang menggunakan antena dengan konfigurasi bistatic. Rentang frekuensi yang digunakan dalam eksperimen sebesar 1.56 GHz - 8 GHz. Dalam proses eksperimen, tahapan yang dilakukan diantaranya adalah pembuatan media uji, pengujian sistem GPR, pengambilan data, pengolahan data, dan terakhir analisis hasil pengolahan data. Pada eksperimen Tugas Akhir ini, dilakukan pengambilan data dan pengolahan data dengan metode A-Scan hingga C-Scan.

Pada eksperimen yang dilakukan, pemodelan ranjau darat yang digunakan ada 2 model, yaitu M-16 dengan case dari besi, serta PMN-2 dengan case dari plastik. Pemodelan M-16 dikubur pada kedalaman 2.5 cm, 5 cm, 10 cm, sedangkan PMN-2 pada kedalaman 2.5 cm. Berdasarkan hasil yang diperoleh, didapatkan informasi kedalaman ranjau darat, diameter ranjau darat, serta posisi ranjau darat pada satu bidang box tanah.

Kata Kunci : Ground Penetrating Radar(GPR), Vector Network Analyzer(VNA), Ranjau darat

Subjek

RADAR
 

Katalog

IDENTIFIKASI RANJAU BAWAH TANAH MENGGUNAKAN PENGOLAHAN B-SCAN PADA GROUND PENETRATING RADAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY MAHENDRA TRIJAYANTO
Perorangan
DHARU ARSENO, A. ADYA PRAMUDITA
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini