PENERAPAN SENTIMENT ANALYSIS UNTUK CUSTOMER EXPERIENCE INDIHOME DI TWITTER MENGGUNAKAN BIDIRECTIONAL LONG SHORT TERM MEMORY

MUHAMMAD KEMAL HERNANDI

Informasi Dasar

21.04.2667
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Artificial Intelligence (AI) adalah bidang yang dikembangkan untuk mempelajari dan menirukan kecerdasan manusia sehingga dapat diaplikasikan ke dalam sebuah sistem komputer. Pemanfaatan AI dalam dunia bisnis akhir - akhir ini sedang berkembang pesat. Salah satu teknologi AI yang dapat diterapkan untuk keperluan bisnis adalah sentiment analysis. Sentiment analysis adalah suatu proses mengidentifikasi opini dari teks yang ditulis menggunakan bahasa manusia. Sentiment analysis dapat dimanfaatkan untuk menganalisis dan mengevaluasi customer experience dari layanan yang telah diberikan. Dengan mudahnya akses ke media sosial,sentiment analysis dapat diaplikasikan dari komentar orang - orang di media sosial.Salah satu media sosial yang cocok untuk sentiment analysis adalah Twitter.

Dalam Tugas Akhir ini, sistem dirancang untuk mengaplikasikan sentiment analysis menggunakan metode BiLSTM. Ada 2 Model yang dibuat, yaitu Model 1 dan Model 2. Model 1 untuk mendeteksi sentimen negatif atau tidak, sedangkan Model 2 untuk mendeteksi sentimen positif atau netral. Model yang telah dilatih lalu diuji dengan dataset terkait dengan Indihome melalui hasil web scraping dari Twitter. Sistem didesain dengan menggunakan bahasa pemrograman Python untuk membuat modelnya.

Dari hasil penelitian ini, Model 1 dengan konfigurasi terbaik mencapai test accuracy sebesar 89,22 %. Sedangkan Model 2 dengan konfigurasi terbaik mencapai test accuracy sebesar 88,2 %. Selain test accuracy, keluaran dari Tugas Akhir ini juga berupa hasil perhitungan precision, recall, dan f1-score.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PENERAPAN SENTIMENT ANALYSIS UNTUK CUSTOMER EXPERIENCE INDIHOME DI TWITTER MENGGUNAKAN BIDIRECTIONAL LONG SHORT TERM MEMORY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD KEMAL HERNANDI
Perorangan
Suryo Adhi Wibowo, Suyanto
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini