DETEKSI RADAR TERHADAP MULTI-OBJECT BERGERAK DENGAN PEMROSESAN DOPPLER

REYHAN FAHMIRAKHMAN ABDULLAH

Informasi Dasar

21.04.2647
384.13
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Secara umum Radar atau Radio Detection and Ranging merupakan suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mengukur jarak, mendeteksi dan membuat map benda-benda disekitar, contohnya navigasi pesawat terbang, informasi cuaca suatu daerah dan sering kali diterapkan di kendaraan bermotor. Mengukur jarak dari sensor ke target merupakan konsep dasar dari radar, ukuran dari jarak tersebut didapatkan dengan mengukur waktu yang dibutuhkan gelombang elektromagnetik pada saat perambatan, mulai dari sensor menuju ke target dan kembali lagi ke sensor. Radar memiliki kelebihan dibanding dengan alat navigasi lainnya yaitu radar dalam hal pengoperasiannya tidak memerlukan stasiun pemancar sebagai pemancar. Radar memiliki prinsip pancaran gelombang elektronik yang mana memancarkan pulsa gelombang radio pendek yang dipancarkan dalam alur sempit (narrow beam) oleh antena berarah (directional antenna).

Dalam penelitian ini dilakukan simulasi pendeksian radar terhadap multi-object dengan menggunakan pemrosesan Dopler baik Moving Target Indication (MTI) maupun Pulse Doppler Processing (PDP) yang mana nantinya radar tersebut akan mengetahui objek-objek terkait. Multi-object disini adalah suatu keadaan yang tercapai apabila terdapat lebih dari satu objek yang dideteksi oleh suatu radar navigasi.

Hasil dari penelitian ini adalah proses pendeteksian multi-object bergerak menggunakan metode Moving Target Indication (MTI) dan Pulse Doppler Processing (PDP) serta matched-filter yang mana didapatkan dari hasil data yang telah ditentukan. Sehingga tujuan pemrosesan Doppler untuk mitigasi sinyal clutter dengan harapan memperbaiki kinerja deteksi target bergerak meskipun terdapat dominasi sinyal yang berasal dari clutter yang tidak bergerak.

Kata Kunci : Efek Doppler, Moving Target Indication, Pulse Doppler Processing, Pemodelan Sinyal

Subjek

TELECOMMUNICATION
 

Katalog

DETEKSI RADAR TERHADAP MULTI-OBJECT BERGERAK DENGAN PEMROSESAN DOPPLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REYHAN FAHMIRAKHMAN ABDULLAH
Perorangan
Dhanu Arseno, Fikry Y Suratman
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini