Psikologi Sebagai Akar Ilmu Komunikasi

Nina W. Syam

Informasi Dasar

13.01.449
150
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
5

Buku ini merupakan buku kedua dari 8 (delapan) judul seri pohon komunikasi, sekaligus sebagi salah satu landasan ilmiah komunikasi dari 8 (delapan) landasan yang akan disajikan (filsafat, psikologi, psikologi sosial, sosiologi, antropologi, biologi, fisika, dan matematika).

Psikologi dipilh sebagai akar ilmu sekaligus landasan ilmiah komunikasi kedua karena psikologi merupakan ilmu yang mengkaji peristiwa mentak dan behavior manusia, yang dalam tatanan komunikasi, dikenal dengan komunikasi intrapersonal (komunikasi dalam diri). Ilmu psikologi dikaji untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang terjadi dalam diri manusia yang tidak dapat dilihat oleh orang lain (tidak kasat mata).

Komunukasi interpersonal adalah bentuk komunikasi dasar yang terjadi pada diri manusia. Karenanya, ini memerlukan kajian yang sangat komprehensif, disesuaikan dengan aliran-aliran psikologi - psikoanalisis, psikokognitif, behaviorisme, humanistik, dan transpersonal (spiritual) yang sudah berkembang hingga saat ini. Buku ini mengkaji aliran-aliran tersebut dengan singkat, padat, dan jelas. Diakhiri dengan psikologi dalam perspektif agama (islam).

Buku ini merupakan buah pemikiran penulis selama bertahun-tahun meberi kuliah dalam bidang ilmu komunikasi di universitas padjadjaran, khususnya mata kuliah landasan ilmiah komunikasi untuk program S2 dan S3, yang baru dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Ini menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga bagi penulis untuk terus mengeksplolrasi ilmu agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Semangat itu pula yang ingin penulis tularkan kepada pembaca, terutama mahasiswa ilmu komunikasi, dengan terus mengkaji ilmu secara holistik (tidak parsial) untuk menumbuhkan pola pikir yang filsafatis dan agamis.

Subjek

PSYCHOLOGY
COMMUNICATION

Katalog

Psikologi Sebagai Akar Ilmu Komunikasi
978-979-3782-77-5
viii,168p.; il.; 24cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Nina W. Syam
Perorangan
Rema Karyanti Soenendar
 

Penerbit

Simbiosa Rekatama Media
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini