Optimasi Portofolio Saham JII dengan mempertimbangkan prediksi return menggunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA)

NAUFAL IBADURRAHMAN

Informasi Dasar

21.04.2487
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Optimasi portofolio merupakan salah satu topik yang populer untuk penelitian. Banyak penelitian mengenai optimasi portofolio dilakukan untuk meningkatkan performa Mean Variance (MV) sebagai pionir portofolio modern. MV merupakan model optimasi portofolio yang paling banyak digunakan, model ini diperkenalkan oleh Markowitz pada 1952. Salah satu pendekatan untuk meningkatkan model MV yaitu dengan mempertimbangkan prediksi return saham. Pada penelitian ini, Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) digunakan untuk melakukan prediksi saham Jakarta Islamic Index (JII). Model Mean Variance Forecasting (MVF) yang merupakan pengembangan dari MV digunakan untuk membentuk portofolio. Hasil dari portofolio kemudian dibandingkan dengan data indeks JII. Penelitian optimasi portofolio ini menghasilkan portofolio yang dibangun menggunakan MVF menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan indeks JII, dengan rata-rata return portofolio -0,0041 lebih besar dibandingkan dengan return JII -0,0062. Serta variansi return MVF 0,0207 lebih kecil dibandingkan variansi return JII 0,0308.

Kata kunci: Optimasi portofolio, ARIMA, Mean Variance Forecasting (MVF)

Subjek

PORTFOLIO ANALYSIS
 

Katalog

Optimasi Portofolio Saham JII dengan mempertimbangkan prediksi return menggunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL IBADURRAHMAN
Perorangan
DENI SAEPUDIN, ERWIN BUDI SETIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini