PENERAPAN PUZZLE GAME PADA APLIKASI BELAJAR BAHASA SUNDA UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SD NEGERI SUKAPURA 02)

AGUNG MUHAMMAD RIZAL

Informasi Dasar

21.04.2463
793.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bahasa daerah menjadi salah satu bahasa pengantar pembelajaran di sekolah dasar di wilayah Jawa Barat, Berdasarkan kurikulum tingkat daerah, muatan lokal mata pelajaran bahasa dan Sastra Sunda berbasis kurikulum 2013 revisi 2017 jenjang Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI), pembelajaran bahasa daerah menjadi salah satu kearifan lokal yang diharapkan dapat membantu mengenal diri dan budaya Sunda. Sejauh ini kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di rumah pada pelajaran Bahasa Sunda kebanyakan masih menggunakan media buku, namun media pembelajaran tersebut masih kurang digemari untuk di jadikan media belajar bagi anak-anak. Karena sistem pembelajaran pada SD sebagian besar masih belum menggunakan teknologi yang ada saat ini, salah satu solusinya adalah dengan menciptakan media belajar baru dengan melibatkan teknologi. Maka dari itu pengembang menerapkan permainan ber-genre puzzle game, yang bisa menerapkan metode belajar dengan bermain yang sangat optimal untuk proses belajar siswa. Materi yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Sunda kelas 1 SD di SD Negeri Sukapura 02 didominasi dengan belajar menyusun kata dan mendengarkan cerita.

Kata kunci: Aplikasi Belajar, Bahasa Sunda, Puzzle Game.

Subjek

GAMES
 

Katalog

PENERAPAN PUZZLE GAME PADA APLIKASI BELAJAR BAHASA SUNDA UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SD NEGERI SUKAPURA 02)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG MUHAMMAD RIZAL
Perorangan
Ady Purna Kurniawan, Anang Sularsa
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini