Aplikasi Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Sparepart dengan Pendekatan Job Order Cost (Studi Kasus di Bengkel Adi Karya Motor, Soreang)

YASINTA EARLYDA PERMATA PUTRI

Informasi Dasar

21.06.258
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Bengkel AKM merupakan suatu wirausaha yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan perbaikan mobil. Perencanaan dan pengendalian persediaan merupakan hal yang sangat penting karena persaingan menuntut bengkel membutuhkan manajemen yang tepat. Masalah yang dihadapi bengkel adalah perencanaan sparepart kepada pelanggan yang masih manual serta pengendalian sparepart kepada supplier yang memiliki beberapa sifat persediaan. Sifat persediaan menuntut pengadaan sparepart agar terkontrol. Berdasarkan masalah tersebut dibangunlah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menangani perencanaan dan pengendalian persedian sparepart dengan pendekatan Job Order Cost. Aplikasi dibangun menggunakan metode waterfall dengan pengembangan Software Development Life Cycle (SDLC), proses perancangan menggunakan pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML), perancangan basis data menggunakan Entity-Relationship Diagram (ERD) dan struktur antar tabel, serta bahasa pemrograman pembangun aplikasi menggunakan PHP dengan framework Codeigniter dan bahasa query MySQL. Fungsionalitas berjalan 100% setelah dilakukan pengujian yang merupakan hasil perbandingan perhitungan manual dengan pengujian metode Black Box Testing. Setelah diimplementasikan, aplikasi mampu mengelola perencanaan sparepart berdasarkan material requisition, mengelola pengadaan sparepart berdasarkan purchase order, mengelola faktur pembelian, mengelola validasi stok rusak/hilang, menghasilkan laporan akuntansi berupa jurnal umum, stock opname, material requisition, purchase order, dan purchase invoice. Kata Kunci: Job Order Cost, Material Requistion, Purchase Order, Purchase Invoice, Stock Opname, PHP, Codeigniter.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Sparepart dengan Pendekatan Job Order Cost (Studi Kasus di Bengkel Adi Karya Motor, Soreang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YASINTA EARLYDA PERMATA PUTRI
Perorangan
Asti Widayanti, Kastaman
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini