Aplikasi Berbasis Web untuk Pencatatan Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus: Kini Cheese Tea, Pekalongan)

PUTRI NABILA

Informasi Dasar

21.06.244
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kini Cheese Tea merupakan sebuah usaha waralaba yang memproduksi berbagai jenis minuman berbahan dasar serbuk perasa dan krim keju. Salah satu kegiatan yang terjadi di perusahaan ini adalah pengadaan, yaitu pembelian bahan baku dari pemasok untuk persediaan. Pengelolaan persediaan bahan baku yang baik memiliki peran penting dalam perusahaan karena akan berpengaruh terhadap kegiatan produksi. Hingga saat ini, proses pencatatan dan pengelolaan persediaan masih dilakukan secara manual. Kendala yang dihadapi apabila pencatatan masih dilakukan secara manual antara lain kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan persediaan, bukti transaksi yang mungkin hilang, proses pengolahan data dapat memakan waktu banyak sehingga informasi persediaan tidak dapat diketahui secara otomatis dan real time, dan juga masalah keamanan data perusahaan. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat mengelola persediaan bahan baku dan menghasilkan laporan akuntansi berupa laporan penerimaan bahan baku, laporan harga pokok penjualan, dan kartu stok menggunakan metode First In First Out (FIFO). Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall, bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan menggunakan basis data perangkat lunak MySQL. Aplikasi yang dihasilkan diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh perusahaan secara efektif dan efisien.

Subjek

ACCOUNTING-MANUFACTURING INDUSTRIES
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pencatatan Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus: Kini Cheese Tea, Pekalongan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI NABILA
Perorangan
Tora Fahrudin, Raswyshnoe Boing Kotjoprayudi
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini