Pengaruh Cash Holding, FInancial Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Income Smoothing pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019.

BELLA AGITIA

Informasi Dasar

21.04.2188
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Income smoothing merupakan upaya yang sengaja dilakukan manajemen dengan meredam tingkat fluktuasi laba pada periode level laba dan pendapatan yang tinggi ke periode laba yang kurang menguntungkan agar terlihat normal atau stabil sehingga laba yang dilaporkan menarik bagi pengguna laporan keuangan seperti investor dan kreditor. Karena investor beranggapan bahwa perusahaan dengan laba yang stabil merupakan perusahaan dengan tingkat risiko yang rendah dan memiliki keberlangsungan usaha yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan adanya pengaruh cash holding, financial leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan maupun parsial terhadap income smoothing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling yang memperoleh 13 sampel penelitian dalam kurun waktu 4 tahun sehingga dihasilkan 52 unit sampel perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis statistik deskriptifdan analisis regresi logistik dengan menggunakan software IBM SPSS 25.0. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa variabel cash holding, financial leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap income smoothing. Hasil pengujian secara parsial, variabel cash holding yang diukur menggunakan kas dan setara kas dibagi total aset berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap income smoothing. Sedangkan variabel financial leverage yang diproksikan dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) dan variabel ukuran perusahaan yang diproksikan dengan menggunakan logaritma natural dari total aset, tidak berpengaruh terhadap income smoothing. Bagi investor hasil penelitian ini dapat menjadi informasi yang berguna sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan berinvestasi. Investor diharapkan agar tidak hanya berfokus pada tingkat cash holding suatu perusahaan karena variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perataan laba, namun investor perlu melihat secara rinci keseluruhan informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan perusahaan. Bagi manajemen, diharapkan tidak melakukan income smoothing pada saat tingkat cash holding tinggi karena jika terbukti melakukan, maka akan merugikan perusahaan seperti membuat citra buruk perusahaan di mata investor.

Kata Kunci: Cash Holding, Financial Leverage, Income Smoothing, Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION BY MANAGEMENT
CASH ACCOUNTING, FINANCIAL LEVERAGE,

Katalog

Pengaruh Cash Holding, FInancial Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Income Smoothing pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BELLA AGITIA
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini