PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN EARNING PER SHARE TERHADAP RETURN SAHAM (Studi kasus pada perusahaan sektor Transportasi dan Logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tercantum dalam Indeks Sektoral periode 2017-2020)

GHIFFARI NUR RAHMATULLAH

Informasi Dasar

21.04.2160
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Return saham adalah keuntungan bagi investor yang diperoleh dari kepemilikan saham investor atas investasi yang dilakukannya, yang terdiri dari dividen dan capital gain/loss. Nilai return saham mencerminkan estimasi keuntungan yang lebih akurat bagi investor. Pada investasi saham, investor akan memilih perusahaan yang memiliki prospek cemerlang dengan tingkat keuntungan yang tinggi. Return saham dapat memberikan nilai dari suatu investasi yang dilakukan. Namun, tingkat return saham dapat berfluktuasi seiring berjalannya waktu dan hal tersebut dapat dipicu dari beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan bagaimana pengaruh dari masing-masing variabel profitabilitas, leverage, dan earnings per share terhadap return saham baik secara simultan maupun secara parsial. Fenomena dalam penelitian ini merupakan hasil dari pengamatan studi kasus terhadap objek penelitian. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan tahunan perusahaan dari periode 2017 sampai 2020. Populasi pada penelitian ini merupakan sektor transportasi yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dan termasuk dalam Indeks Sektoral Transportasi dan Logistik periode 2017-2020. Teknik pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh peneliti dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini kemudian diolah dengan aplikasi statistik EViews 10. Berdasarkan hasil penelitian profitabilitas (ROE), leverage (DER) dan earnings per share (EPS) memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap return saham pada sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Indeks Sektoral tahun 2017-2020. Kemudian, secara parsial leverage berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Indeks Sektoral tahun 2017-2020. Sedangkan, profitabilitas dan earnings per share tidak berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Indeks Sektoral tahun 2017-2020. Hasil penelitian memberikan estimasi serta gambaran mengenai kinerja perusahaan dalam memberikan manfaat bagi para shareholders. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan agar dapat mengelola liabilitas se-efisien mungkin. Kemudian, penelitian ini diharapkan membantu investor dalam pengambilan keputusan berinvestasi.

Kata kunci: Return saham, profitabilitas, leverage, earning per share

Subjek

STOCK
LEVERAGED BUYOUTS,

Katalog

PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN EARNING PER SHARE TERHADAP RETURN SAHAM (Studi kasus pada perusahaan sektor Transportasi dan Logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tercantum dalam Indeks Sektoral periode 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHIFFARI NUR RAHMATULLAH
Perorangan
Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini