PEMBANGUNAN APLIKASI DESAKU MODUL FORUM DISKUSI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DENGAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: JAWA BARAT)

MUGHNY MUBARAK

Informasi Dasar

21.04.2128
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, mendorong pelaksanaan program desa digital di Provinsi Jawa Barat dengan desa sebagai salah satu fokus utamanya. Provinsi Jawa Barat memiliki 5.957 desa/kelurahan dan lebih dari 50 persennya dapat mengakses jaringan internet. Desa-desa di Provinsi Jawa Barat memiliki sumber alam, potensi wisata, produk, dan keahlian yang melimpah. Akan tetapi perkembangan teknologi belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa. Tentu saja hal ini akan berdampak terhambatnya perkembangan desa di Provinsi Jawa Barat. Maka dari itu, desa harus dapat beradaptasi dengan adanya teknologi dan perlu diberikan perhatian khusus terhadap desa sebagai fokus utama dalam program pembangunan Provinsi Jawa Barat yaitu melalui program desa digital. Ekonomi digital harus dibangun berdasarkan stakeholder dan didasari semangat gotong royong. Forum online merupakan forum untuk berdiskusi, berbagi pengalaman dan curah gagasan terkait peluang dan tantangan pengembangan ekonomi digital di berbagai daerah. Oleh karena itu, diperlukan pembangunan modul forum diskusi di desa sebagai media forum diskusi. Ruang lingkup dari modul ini adalah desa di Jawa Barat. Modul media forum ini akan dibangun dalam versi web menggunakan metode scrum dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework laravel, serta sistem basis data MySQL. Forum diskusi ini juga akan dibangun dengan mengimplementasikan arsitektur three-tier agar forum diskusi memiliki performansi yang baik. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi forum diskusi yang dapat mewadahi bagi masyarakat yang ada di desa untuk memberikan aspirasi dan pendapat mengenai desa masing-masing yang ada di Jawa Barat. Kata kunci: desa, desa digital, forum, forum online, forum diskusi

Subjek

Information system web
Web design,

Katalog

PEMBANGUNAN APLIKASI DESAKU MODUL FORUM DISKUSI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DENGAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUGHNY MUBARAK
Perorangan
SENO ADI PUTRA, DITA PRAMESTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini