ANTENA MIKROSTRIP KEPING REKTANGULAR DENGAN CELAH BENTUK-U UNTUK FREKUENSI LORA PADA CUBESAT 1U

IHSAN NUUR RAZZAK HANTRIONO

Informasi Dasar

21.04.2122
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini sistem komunikasi Machine to Machine (M2M) pada Internet of Things terus meningkat. Teknologi saat ini dapat digunakan sebagai sensor untuk berkomunikasi dengan Internet of Things. Sensor di luar area jaringan jarak jauh akan membutuhkan satelit untuk dapat menangkap informasi dari sensor tersebut. Oleh karena itu, satelit membutuhkan modul komunikasi agar satelit dapat menerima informasi dari sensor. Modul komunikasi yang digunakan adalah modul Long Range (LoRa). LoRa memiliki daya yang rendah dan dapat berkomunikasi dalam sistem satelit nano yaitu cubesat. Tugas Akhir ini menggunakan cubesat yang misinya menggunakan modul LoRa untuk menangkap informasi dari sensor di bumi. Sehingga perlu menggunakan antena yang sesuai pada cubesat untuk menangkap informasi sensor melalui modul LoRa.

Tugas Akhir ini mengusulkan antena mikrostrip yang menggunakan teknologi miniaturisasi dan slotted patch berbentuk U agar sesuai dengan ukuran antena dengan ukuran cubesat 1U. Antena yang dihasilkan merupakan antena penerima yang bekerja pada frekuensi LoRa. Karena adanya faraday effect antara bumi dan luar angkasa maka cubesat tidak memiliki kontrol sikap sehingga memiliki pola radiasi omnidireksional dan polarisasi sirkular.

Antena di realisasikan menggunakan metode slotted patch pada bagian patch-nya. Hasil VSWR pengukuran realisasi antena diperoleh sebesar 1,23 dengan lebar bandwidth 21 Mhz. Pola radiasi yang di hasilkan dari pengukuran yaitu bidirectional dengan daya pancar berada pada sudut 0 dan 180 pada azimuth dan 0 pada elevasi dengan nilai gain yang didapatkan sebesar 1,804 dB. Hasil polarisasi didapatkan nilai axial ratio 1,2 dBi dengan polarisasi sirkular.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

ANTENA MIKROSTRIP KEPING REKTANGULAR DENGAN CELAH BENTUK-U UNTUK FREKUENSI LORA PADA CUBESAT 1U
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IHSAN NUUR RAZZAK HANTRIONO
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini