PEMBANGUNAN MODUL BERITA DAN INFORMASI DESA MENGGUNAKAN METODE SCRUM PADA APLIKASI DESAKU (STUDI KASUS JAWA BARAT)

FADHIL CAHYA KESUMA

Informasi Dasar

21.04.2110
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era globalisasi saat perkembangan teknologi informasi sangat pesat, dapat dilihat dari betapa pentingnya teknologi informasi untuk bersosialisasi. Untuk meningkatkan pelaksanaan program desa digital di provinsi Jawa Barat dengan desa sebagai salah satu fokus utamanya. Provinsi Jawa Barat memiliki 5.957 desa/kelurahan dengan jumlah desa yang dapat mengakses jaringan internet dengan jumlah 5852 desa sedangkan ada 69 desa yang masih belum bisa mengakses jaringan internet. Akan tetapi perkembangan teknologi informasi masih belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk pengoptimalan potensi desa.

Kebutuhan terhadap informasi perkembangan desa seperti berita dan kegiatan bukan hanya diperoleh dari media cetak maupun media elektronik seperti televisi dan radio. Namun, kedua jenis media tersebut masih mempunyai kendala untuk mendapatkanya. Sedangkan desa-desa di provinsi Jawa Barat yang memiliki sumber alam, potensi wisata, produk, dan keahlian yang melimpah. Akan tetapi masyarakat luar desa tidak mengetahui hal tersebut. Sehingga informasi yang di dapat seperti berita dan kegiatan desa menjadi minim dan terbatas, sehingga sering terjadinya berita hoax yang perkembangannya sangat cepat. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyebaran informasi dan publikasi desa.

Dari masalah yang dijabarkan terdapat solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah diperlukan pemanfaatan teknologi informasi yaitu membangun suatu aplikasi berita dan informasi desa berbasis website yang mampu untuk menyeimbangkan perkembangan desa, dan juga mencegah berita dan informasi hoax karena sumber yang di dapatkan resmi dari pihak pihak desa terkait, dan juga dapat mendukung dalam mempromosikan, mempublikasikan sebuah informasi desa desa sehingga dapat meningkatkan potensi desa di provinsi Jawa Barat. Modul berita dan informasi desaku ini akan dibangun dalam versi web dengan menggunakan metode SDLC yaitu metode scrum dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dengan framework laravel dan sistem basis data MySQL. Aplikasi berita dan informasi desa ini juga akan dibangun dengan mengimplementasikan arsitektur three-tier agar aplikasi berita dan informasi desa memiliki performansi yang baik.

Hasil dari tugas akhir ini adalah berupa sebuah aplikasi berita dan informasi desaku berbasis web. Pengguna akhir dari aplikasi berita dan informasi desa ini adalah desa di Jawa Barat dan masyarakat luas. Hasil yang diharapkan adalah aplikasi berita dan informasi desa yang dibangun dapat membantu penyebaran mengenai berita dan informasi perkembangan desa sehingga dapat dapat menjangkau masyarakat luas untuk pengaksesan informasi desa tersebut dan menghindari berita dan informasi hoax.

Kata kunci: desa, Jawa Barat, berita dan informasi desa, scrum

Subjek

Information system web
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN,

Katalog

PEMBANGUNAN MODUL BERITA DAN INFORMASI DESA MENGGUNAKAN METODE SCRUM PADA APLIKASI DESAKU (STUDI KASUS JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHIL CAHYA KESUMA
Perorangan
SENO ADI PUTRA, AHMAD MUNANSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini