PENGARUH FOREIGN OWNERSHIP DAN DEBT COVENANT TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017)

AZZYRA RAHAYUNINGTIYAS

Informasi Dasar

21.04.2104
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 2015 mendefinisikan laporan keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Terdapat beberapa prinsip-prinsip akuntansi dan salah satunya adalah prinsip konservatisme. Prinsip konservatisme (conservatism principle) adalah suatu prinsip pengecualian atau modifikasi dalam hal bahwa prinsip tersebut bertindak sebagai batasan terhadap penyajian data akuntansi yang relevan dan andal. Prinsip konservatisme menganggap bahwa ketika memilih antara dua atau lebih teknik akuntansi yang berlaku umum, suatu preferensi ditunjukkan untuk opsi yang memiliki dampak paling tidak menguntungkan terhadap ekuitas pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara foreign ownership, debt covenant dan konservatisme akuntansi. Dalam penelitian ini variabel independen adalah foreign ownership dan debt covenant. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah konservatisme akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel foreign ownership dan debt covenant terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh pada variabel foreign ownership dan debt covenant terhadap konservatisme akuntansi baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan tahun 2013-2017. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 125 sampel yang diobservasi. Model analisis data penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9.0. Berdasarkan hasil penelitian, foreign ownership dan debt covenant secara simultan berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan secara parsial, variabel foreign ownership tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan variabel debt covenant berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi.. Disarankan agar penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya serta bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambah atau menggunakan sampel penelitian dengan objek perusahaan lain, tidak hanya pada sektor pertambangan. Selain itu disarankan pula bagi peneliti selanjutnya agar dapat mencari kembali faktor-faktor yang dapat menyebabkan konservatisme akuntansi.

Kata kunci: Foreign Ownership, Debt Covenant, Konservatisme Akuntansi.

Subjek

ACCOUNTING
AUDITING,

Katalog

PENGARUH FOREIGN OWNERSHIP DAN DEBT COVENANT TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZZYRA RAHAYUNINGTIYAS
Perorangan
Dudi Pratomo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini