DESAIN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP PATCH SIRKULAR PITA LEBAR UNTUK PENERIMA BERBASIS LORA DAN ADS-B PADA SATELIT KUBUS 2U

ZILLIAH MANKUSA

Informasi Dasar

21.04.2064
621.382 54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Cubesat merupakan satelit yang memiliki misi sebagai penerima sinyal ADS-B dan LoRa. Pada saat ini pengembangan antena untuk cubesat hanya didasarkan pada satu sistem saja. Maka dibutuhkan antena yang dapat digunakan pada kedua sistem. Antena yang dibutuhkan memiliki bandwidth yang lebar untuk memenuhi spesisfikasi kedua sistem sehingga dapat digunakan sebagai antena penerima sinyal ADS-B maupun sinyal LoRa.

Tugas Akhir ini merancang desain antena mikrostrip bandwidth lebar dengan ukuran 2U yang mampu memenuhi spesifikasi LoRa dan ADS-B untuk diaplikasikan pada cubesat. Pada Tugas Akhir ini menggunakan metode Slot Ring dengan Partial Ground plane dan Multilayer Substrat untuk didapatkan antena dengan bandwidth yang lebar. Antena yang dirancang menggunakan frekuensi kerja 1018 MHz dengan bandwidth sebesar 167 MHz. Antena yang dirancang memiliki pola radiasi omnidirectional dan polarisasinya sirkular.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan, antena mikrostrip dengan metode multilayer substrate, ring slot, partial groundplane, truncatted. didapatkan bandwidth 168,38 MHz untuk simulasi dan untuk pengukuran di dapatkan bandwidth 372 MHz. Kemudian dihasilkan gain pada simulasi 2,1 dBi dan gain realisasi 2,23 dBi. VSWR 1,2 untuk simulasi dan 1,49 untuk realisasi dengan bentuk pola radiasi omnidirectional. Hasil perancangan menunjukkan bahwa antena tersebut telah sesuai dengan kriteria antena wideband dan telah memenuhi spesifikasi antena untuk satelit nano.

Kata Kunci : Ring Slot dan Partial Groundplane, Antena Mikrostrip , Cubesat.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
ELECTROMAGENETICS DATA PROCESSING,

Katalog

DESAIN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP PATCH SIRKULAR PITA LEBAR UNTUK PENERIMA BERBASIS LORA DAN ADS-B PADA SATELIT KUBUS 2U
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZILLIAH MANKUSA
Perorangan
Heroe Wijanto, Edwar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini