EKSTRAKSI DETAK JANTUNG BERBASIS PENGOLAHAN CITRA WAJAH DENGAN ALGORITMA BSS (BLIND SEPARATION SIGNAL) (HEART RATE EXTRACTION BASED ON PROCESSING OF FACIAL IMAGES USING BSS (BLIND SEPARATION SIGNAL) ALGORITHM)

UTARI NUR RAMADHANI YORA

Informasi Dasar

21.04.2063
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Detak jantung merupakan suara debaran jantung yang dihasilkan akibat ali-ran darah melewati jantung. Jantung merupakan organ vital sehingga metode untuk mendeteksinya beraneka ragam, mulai dari metode konvensional hingga modern. Semakin berkembangnya teknologi membuat sistem pendeteksi detak jantung kini semakin maju. Perancangan metode deteksi detak jantung dapat diterapkan pada pengolahan citra digital wajah. Pada penelitian Tugas Akhir ini, dilakukan pengembangan lebih lanjut mengenai ekstraksi detak jantung manusia menggunakan citra wajah. Metode yang digunakan adalah Blind Separation Signal (BSS) dengan metode deteksi wajah yang digunakan adalah You Only Look Once (YOLO) generasi ketiga atau YOLOv3 dengan mengamati ROI dari variasi warna kulit wajah seseorang yang disebabkan oleh sirkulasi darah. Hasil akhirnya berupa detak jantung manusia berbasis aplikasi python yang memudahkan kita untuk mengukur detak jantung. Parameter yang dianalisis pada penelitian ini diantaranya yaitu akurasi, presisi, recall, F1 score, spesifisitas, average confidence, mAP, toleransi, dan MSE. Akurasi yang didapatkan untuk model deteksi objek YOLOv3 adalah sebesar 95%. Pengujian terbaik dilakukan pada posisi wajah lurus dengan jarak 40 cm dan dil-akukan pada malam hari menggunakan pencahayaan lampu LED 14.5watt dan didapatkan akurasi tertinggi adalah 97,7%. Diharapkan ke depannya orang dapat mengukur detak jantung hanya dengan merekam wajah selama beberapa detik pada kamera laptop dan secara real-time. Kata Kunci: Jantung, Detak Jantung, Pengolahan Citra Digital Wajah, Blind Sep-aration Signal (BSS), You Only Look Once (YOLO), Region of Interest (ROI).

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE.
ALGORITHMS PROGRAMMING,

Katalog

EKSTRAKSI DETAK JANTUNG BERBASIS PENGOLAHAN CITRA WAJAH DENGAN ALGORITMA BSS (BLIND SEPARATION SIGNAL) (HEART RATE EXTRACTION BASED ON PROCESSING OF FACIAL IMAGES USING BSS (BLIND SEPARATION SIGNAL) ALGORITHM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UTARI NUR RAMADHANI YORA
Perorangan
Hilman Fauzi TSP, Syamsul Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini