Deteksi Social Distancing Dengan Deteksi Wajah Menggunakan Algoritma Viola And Jones

BUNGA ARRAFA RISNADYA

Informasi Dasar

21.04.2032
006.37
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Social Distancing adalah suatu tindakan menjaga jarak serta mengurangi segala kontak fisik antar individu dengan individu lainnya guna untuk mencegah penularan suatu penyakit. Dengan adanya virus Covid-19 yang menyerang tidak hanya di Indonesia namun seluruh dunia ini, social distancing menjadi salah satu upaya yang penting untuk dilakukan agar mengurangi penyebaran virus Covid-19. Tidak dipungkiri masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan dan menyepelekan perintah social distancing ini. Maka dari itu Tugas Akhir ini akan membahas bagaimana cara mendeteksi social distancing secara real time dalam sebuah ruangan.

Singkatnya sistem akan mendeteksi wajah – wajah yang ada di dalam ruangan dengan metode deteksi wajah menggunakan algoritma Viola and Jones yang memiliki akurasi hingga 100%. Serangkaian proses yang akan dilakukan algoritma Viola and Jones untuk mendeteksi wajah ialah melakukan proses Haar Like Feature, Integral Image, Adaboost, dan Cascade Classifier. Euclidean Distance akan digunakan untuk mengukur jarak antar objek yang terdeteksi.

Hasil dari penelitian ini ialah sistem deteksi social distancing menggunakan deteksi wajah berjalan dengan baik dengan posisi kamera terbaik adalah 0 derajat dan jarak terbaik adalah 70 cm. Jika terdeteksi objek yang merupakan wajah berdekatan kurang dari perhitungan yang telah ditentukan oleh sistem, sistem akan menampilkan bounding box berwarna kuning di area wajah dan garis berwarna merah di antara wajah yang melanggar tersebut. Sementara untuk individu yang menjaga jarak aman, sistem akan menampilkan bounding box berwarna hijau. Sistem mendeteksi secara akurat dengan akurasi mencapai 64.35%.
Kata Kunci: Deteksi Wajah, Social Distancing, Viola and Jones, Haarcascade.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

Deteksi Social Distancing Dengan Deteksi Wajah Menggunakan Algoritma Viola And Jones
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BUNGA ARRAFA RISNADYA
Perorangan
Casi Setianingsih, Meta Kallista
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini