Konsep dan Penerapan Ekonometrika Menggunakan E-views

Setyo Tri Wahyudi

Informasi Dasar

21.01.625
330.015 195
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
7b

uku berjudul “Ekonometrika” memang telah banyak beredar, dan mudah diperoleh di berbagai toko buku offline maupun online. Namun tidak banyak buku Ekonometrika yang mampu membuat pembaca mengerti dan memahami apa yang dibaca kemudian menerapkannya dalam penelitian empiris. Hadirnya buku edisi revisi dari buku pertama berjudul Konsep dan Penerapan Ekonometrika Menggunakan E-Views merupakan bukti bahwa telah banyak pembaca yang terbantu dalam memahami konsep dasar Ekonometrika.

Buku ini mencoba menjelaskan konsep-konsep penting Ekonometrika dengan format penulisan sederhana supaya mempermudah pembaca memahami berbagai konsep dasar Ekonometrika, serta memberikan petunjuk teknis mengenai bagaimana penerapan konsep tersebut menggunakan software E-Views sebagai sarana pembelajaran. Penggunaan software E-Views karena memiliki fitur dan fasilitas yang mendukung dalam pengaplikasian konsep-konsep Ekonometrika, sehingga dengan membaca buku ini pembaca akan memperoleh pemahaman lebih baik dalam mempelajari dan menerapkan Ekonometrika secara mandiri.

Pada edisi kedua ini, ditambahkan dua (2) bab baru yakni Bab Memahami Model Ekonometrika dan Bab Model Regresi Panel Data. Selain itu, setiap bab yang ada di buku edisi awal, dilakukan penambahan narasi dan penjelasan, sehingga semakin mempermudah pembaca memahami konsep penting. Topik yang dibahas dalam buku ini secara umum terbagi menjadi 2 (dua) meliputi (i) pemahaman konsep dan (ii) penerapan. Pada bagian awal, penjelasan dimulai dengan memberikan pemahaman dasar mengenai Ekonometrika, dilanjutkan dengan bagaimana mengoperasikan software E-Views. Kemudian, dijelaskan pula mengenai konsep-konsep dasar di Statistika seperti Analisis Korelasi, Analisis Regresi serta Pengujian Hipotesis. Berikutnya, konsep Asumsi Klasik sebagai bagian penting dalam model regresi, dijelaskan secara sederhana dan spesifik. Di bagian akhir, penulis menjelaskan mengenai pengujian tentang kebaikan model meliputi Multikolinearitas, Autokorelasi, dan Heteroskedastisitas yang dibahas secara lebih detail menggunakan software-EViews.

Subjek

ECONOMETRICS
 

Katalog

Konsep dan Penerapan Ekonometrika Menggunakan E-views
978-623-231-354-5
260p.: ill.; 23 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Setyo Tri Wahyudi
Perorangan
 
 

Penerbit

Raja Grafindo Persada
Depok
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini