PERANCANGAN APLIKASI GRAFOLOGI BERBASIS SMARTPHONE ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI KECENDERUNGAN OPTIMISME & PESIMISME INDIVIDU (THE DESIGN OF GRAPHOLOGY APPLICATIONS BASED SMARTPHONE ANDROID TO IDENTIFY INDIVIDUAL OPTIMISM AND PESSIMISM TENDENCIES)

OKTIANDI NUGROHO WASKITO

Informasi Dasar

21.04.1968
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Grafologi merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang berguna untuk menganalisis kepribadian seseorang melalui tulisan tangan. Ahli grafolog menggunakan ilmu tersebut untuk mengetahui kencenderungan optimisme & pesimisme atau kepribadian seseorang. Kepribadian merupakan hal dasar yang melekat pada tiap individu yang tidak bisa dinilai dari penampilannya. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, orang yang berpenampilan rapi belum tentu memiliki kepribadian yang baik, dan begitu juga sebaliknya. Dalam dunia pekerjaan mengetahui kepribadian individu tiap orang itu sangat penting, biasanya seorang grafolog menganalisa kencederungan optimisme & pesimisme atau kepribadian seseorang secara manual dengan berdasarkan buku panduan menganalisa kepribadian berdasarkan tulisan tangan, cara tersebut cukup memakan waktu yang lama dan kurang efisien. Pada penelitian ini dirancang aplikasi berbasis android untuk mengidentifikasi kecenderungan optimisme & pesimisme atau kepribadian seseorang melalui tulisan tangan. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa kepribadian trait, seperti emosi optimis & pesimis, karakter interaksi sosial yang cenderung menjaga jarak & tidak menjaga jarak, dan self-confident & inferiority. Pengujian dilakukan dengan secara manual dan dengan sistem untuk menentukan pola kemiringan tulisan tangan, untuk menghitung jarak spasi antar kata, dan untuk menghitung ukuran ketinggian baris dalam menentukan ketinggian huruf “i” dengan parameter yang telah ditentukan. Hasil pengujian sistem aplikasi pada Tugas Akhir ini mampu mengidentifikasi kecenderungan optimisme & pesimisme individu. Sistem aplikasi yang dirancang mampu mengidentifikasi tiga kepribadia trait dengan cukup baik. Dari 35 sampel data citra tulisan tangan terdapat 29 sampel data citra yang berhasil mencapai kesamaan dengan tiga kepribadian trait yang diuji dan mendapat hasil akurasi sebesar 82.85%

Kata Kunci: Grafologi, Android, Kepribadian Trait, Garis Dasar Tulisan, Jarak Spasi Antar Kata, Ketinggian Baris dalam Menentukan Ketinggian Huruf “i”

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI GRAFOLOGI BERBASIS SMARTPHONE ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI KECENDERUNGAN OPTIMISME & PESIMISME INDIVIDU (THE DESIGN OF GRAPHOLOGY APPLICATIONS BASED SMARTPHONE ANDROID TO IDENTIFY INDIVIDUAL OPTIMISM AND PESSIMISM TENDENCIES)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OKTIANDI NUGROHO WASKITO
Perorangan
Hilman Fauzi TSP, Pramitha Aulia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini