PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN : FINANCIAL DISTRESS, DEBT DEFAULT DAN RETURN on ASSETS (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

ZAHRIN ADLINA MAWADDAH

Informasi Dasar

21.04.1892
657.72
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor Industri Dasar dan Kimia memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap perekonomian nasional, karena dinilai mampu meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri, menambah penyerapan tenaga kerja dan penerimaan devisa dan dilihat dari kinerja, Sektor Industri Dasar dan Kimia merajai kinerja indeks dengan mengalami pertumbuhan sebesar 16,36% (ytd) yang merupakan pertumbuhan paling tinggi dari sektor lainnya. Opini audit going concern merupakan opini audit tentang keraguan auditor atas kelangsungan hidup usaha (going concern) suatu perusahaan. Opini audit going concern sangat penting untuk memberi peringatan awal (early warning) baik bagi perusahaan agar segera memperbaiki kelangsungan usahanya dan juga bagi pemegang saham guna menghindari kesalahan dalam pembuatan keputusan terkait dengan investasi. Opini audit going concern dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial distress, debt default dan return on assets terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia periode tahun 2015-2019 baik secara simultan maupun parsial. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 56 sampel penelitian dengan periode pengamatan selama 5 tahun, sehingga total sampel sebanyak 280 sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress, debt default dan return on assets secara simultan berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Secara parsial, Variabel financial distress tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Variabel debt default berpengaruh dengan arah positif terhadap penerimaan opini audit going concern, sedangkan return on assets berpengaruh dengan arah negatif terhadap penerimaan opini audit going concern.

Kata Kunci: Debt Default, Financial Distress, Opini Audit Going Concern dan Return on Assets.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN : FINANCIAL DISTRESS, DEBT DEFAULT DAN RETURN on ASSETS (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAHRIN ADLINA MAWADDAH
Perorangan
Annisa Nurbaeti
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini