Aplikasi Pengelolaan Pendapataan Atas Sewa Alat Berat Dan Penentuan Pajak Penghasilan Pasal 23 (Studi Kasus: CV. Ainun Jaya, Bantaeng, Sulawesi Selatan)

REZA KARSINI

Informasi Dasar

21.06.120
657.028 54
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

CV. Ainun Jaya merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang penyewaan transportasi alat berat, misalnya excavator dan dump truck. Dalam pencatatan data penyewaan alat berat menggunakan buku kas harian, sehingga masih sering terjadi kesalahan dalam pencatatan transaksi pendapatan dikarenakan kurang memperhatikan kegiatan selama penyewaan alat dan biaya-biaya yang dikeluarkan. CV. Ainun Jaya sering tidak memperkirakan dalam pencatatan pengenaan pajak sewa alat berat sehingga dalam pelaporan pajak ke kas negara sering terjadi kesalahan. Selama ini seluruh kegiatan transaksi yang dilakukan kurang tercatat dengan baik, mengakibatkan lambatnya dalam melakukan pembukuan. Hal ini menyebabkan pendapatan dan kerugian yang dialami oleh perusahaan kurang dapat ditelusuri dengan baik. Berdasarkan beberapa masalah yang sudah dijelaskan, dibangunlah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menangani pengelolaan pendapatan atas sewa alat berat dan penentuan PPh 23. Aplikasi ini dibangun dengan Bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter dan MySQL untuk penyimpanan basis data. Aplikasi ini diuji dengan menggunakan metode black box testing, agar aplikasi yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Kata Kunci: Penyewaan Alat Berat, PPh 23, Aplikasi Berbasis Web, Framework CodeIgniter.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Pengelolaan Pendapataan Atas Sewa Alat Berat Dan Penentuan Pajak Penghasilan Pasal 23 (Studi Kasus: CV. Ainun Jaya, Bantaeng, Sulawesi Selatan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZA KARSINI
Perorangan
IRNA YUNIAR, NELSI WISNA
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini