Komunikasi Pembangunan : Pendekatan Terpadu

Sumadi Dilla

Informasi Dasar

13.01.357
302.2
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Menjadi negara yang maju dan modern adalah harapan setiap negara berkembang (negara dunia ketiga). Berbagai teori dan pendekatan pembangunan sudah diterapkan, namun belum ada perubahan yang signifikan. Alih-alih terjadi perubahan, muncul ketimpangan di berbagai aspek kehidupan sehingga memunculkan permasalahan baru.

Peran komunikasi dalam pembangunan merupakan sebuah kunci keberhasilan suatu pembangunan bangsa dan negara. Tanpa adanya komunikasi diantara perencana dan sasaran pembangunan, pembangunan tidak akan berhasil seperti yang diharapkan. Banyak yang tidak menyadari hal ini. Masyarakat sebagai sasaran pembangunan jarang, bahkan tidak diikut sertakan dalam perencanaan dan pelaksanaannya sehingga hanya sebagian kecil orang yang dapat merasakan manfaat dari pembangunan. Dan pembangunan tersebut seolah-olah menjadi sia-sia, bahkan menjadi bumerang.

Kegagalan praktik pembangunan, di negar-negara berkembang (Dunia Ketiga), khususnya di Indonesia, selain disebabkan penggunaan paradigma dan teori yang tidak relevan, juga banyak disebabkan oleh model pendekatan komunikasi yang belum sesuai dengan kondisi masyarakat. Buku ini mengetengahkan upaya pencarian model pendekatan komunikasi sebagai strategi komprehensif untuk melakukan perubahan dan pembangunan bangsa dan negara. Di dalamnya dipaparkan sejumlah pandangan, pemikiran, dan analisis, baik secara teoretis maupun praktis mengenai aspek, paradigma, teori, pendekatan serta model komunikasi dan pembangunan, juga teknologi komunikasi sebagai sebuah strategi dalam penerapannya. Karena itu, buku ini sangat bermanfaat bagi para perencana pembangunan, pelaksana pembangunan, mahasiswa, dosen, praktisi, stakeholder, dan siapa saja yang peduli terhadap pembangunan bangsa dan negara.

Subjek

COMMUNICATION
SOCIOLOGY

Katalog

Komunikasi Pembangunan : Pendekatan Terpadu
979-378-232-3
xxiv,208p.; il.; 24cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Sumadi Dilla
Perorangan
Nunik Siti Nurbaya
 

Penerbit

Simbiosa Rekatama Media
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

  • KII4L3 - WRAP INTERNSHIP - PERENCANAAN KOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini