Aplikasi Berbasis Web Untuk Penjualan, Penyusunan Laporan Laba Rugi, dan Persediaan Produk Jadi Susu Sapi Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus: Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara, Lembang)

VINCENTHYA VERENA VIORENTINA

Informasi Dasar

21.06.111
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produsen susu (pengumpulan susu dari peternak, pengolahan susu dan penjualan). Susu yang diolah di KPSBU berupa yoghurt, susu pasteurisasi dan susu murni. Dalam proyek akhir ini akan menghasilkan suatu aplikasi penjualan, persediaan produk jadi dan penyusunan laporan laba rugi untuk olahan susu sapi. Dalam setiap penjualan di KPSBU ini harus dikelola secara baik dan benar sehingga meminimalisir kesalahan dalam melakukan pengelolaan penjualan. Persediaan produk jadi dalam KPSBU ini sangat dibutuhkan karena sulitnya mengetahui jumlah susu apa saja yang telah terjual. Perhitungan persediaan yang diterapkan pada aplikasi ini menggunakan metode FIFO dengan pencatatan perpetual yang dapat dilihat dikartu stok. Pembuatan proyek akhir ini dikembangkan menggunakan metode Software Development life Cycle (SDLC) atau disebut juga siklus pengembangan perangkat lunak menggunakan pendekatan model prototype dan diimplementasikan dengan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing terhadap fungsionalitas aplikasi dan hasil dari penguji sudah sesuai dengan kebutuhan. Sistem dibuat untuk memberikan kemudahan pada pengguna sistem khususnya pada pemilik/admin dan bagian keuangan dalam pencatatan biaya penjualan, persediaan produk jadi dan laporan laba rugi pada Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU), Lembang.

Kata Kunci: Penjualan, Laporan Laba Rugi, Persediaan Produk Jadi, metode FIFO

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Penjualan, Penyusunan Laporan Laba Rugi, dan Persediaan Produk Jadi Susu Sapi Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus: Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara, Lembang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VINCENTHYA VERENA VIORENTINA
Perorangan
RASWYSHNOE BOING KOTJOPRAYUDI, MONTERICO ADRIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini